--> Skip to main content

8 Contoh Keanekaragaman Hayati Tingkat Gen, Gambar, dan Penjelasannya

Keanekaragaman hayati dapat terjadi pada berbagai tingkat kehidupan, termasuk pada tingkat genetik, tingkat spesies atau spesies, dan tingkat ekosistem. Keragaman pada tingkat kehidupan sangat menarik untuk diperhatikan karena kita dapat melihat perbedaan antara satu tingkat kehidupan dengan tingkat kehidupan dalam satu ekosistem. Nah, pada kesempatan ini kita akan membahas tentang beberapa contoh tingkat gen keanekaragaman hayati di kingdom animalia (hewan) serta di kingdom plantae (tumbuhan).

Tingkat Keanekaragaman Genetik Contoh Gen
Keanekaragaman hayati tingkat gen adalah keanekaragaman hayati yang menyebabkan variasi antar individu dalam suatu spesies (spesies). Kita dapat menemukan contoh keanekaragaman hayati tingkat gen pada organisme di sekitar lingkungan kita, misalnya pada padi, mangga, jagung, pisang, dan hewan seperti ayam dan kambing.

Contoh Keanekaragaman Hayati Tingkat Gen
Tingkat Keanekaragaman Genetik Contoh Gen

1. Keanekaragaman hayati pada padi
Contoh keanekaragaman hayati tingkat gen dapat ditemukan pada tanaman padi. Bagi mereka yang tinggal di pedesaan atau yang orang tuanya adalah petani tentu saja, kita sudah terbiasa dengan varietas varietas tanaman padi ini, seperti varietas Ciherang, Emerging, Inpari, Digul, Cilamaya, Rojolele, dan lain-lain. Masing-masing varietas ini memiliki perbedaan baik dari segi karakteristik fisik daun, buah, batang, dan akar, kelangsungan hidup, dan dalam hal umur tanam.

2. Keanekaragaman hayati pada mangga
Sama seperti tanaman padi, tanaman mangga juga memiliki tingkat keanekaragaman hayati gen. Bagi yang suka makan mangga tentunya Anda mengenal beberapa jenis mangga seperti mangga manalagi, mangga golek, mangga gadung, arum mangga manis, atau apel mangga. Dari sisi buah, mangga ini memiliki rasa dan tekstur yang berbeda, serta dalam hal penampilan fisik tanaman.

3. Keanekaragaman hayati di Jagung
Contoh keanekaragaman hayati tingkat gen juga terjadi pada tanaman jagung. Petani mengenali banyak jenis jagung yang akan mereka tanam. Jenis varietas yang dipilih biasanya disesuaikan dengan kondisi lingkungan tanam, karena masing-masing varietas memiliki ketahanan yang berbeda dalam kondisi lingkungan yang berbeda. Beberapa contoh varietas tanaman jagung seperti varietas Pioner, BISI, NK, DK, Bima, dan sebagainya.

4. Keanekaragaman hayati pada pisang
Tanaman pisang juga mengenali beberapa varietas karena tingkat keanekaragaman hayati gen pada spesies Musa ini adalah paradisiaca. Kita bisa tahu tentang pisang dengan berbagai nama dan jenis mulai dari pisang manado, pisang kepok, pisang muli, pisang nangka, lilin pisang, pisang siem, dan sebagainya. Setiap jenis pisang memiliki rasa dan buah yang berbeda, serta ciri morfologi tanaman.

5. Keanekaragaman hayati pada bunga kertas (bougenvil)
Bagi peminat tanaman bunga, harus tahu nama bunga bougenvil atau bunga kertas. Bunga kertas memiliki beragam varietas yang ditampilkan dengan warna bunga, bentuk daun, dan gaya yang berbeda. Dengan teknik grafting atau okulasi, varietas bunga kertas biasanya dihubungkan sehingga dalam satu tanaman bisa tumbuh lebih dari satu warna bunga.

6. Keanekaragaman hayati pada ayam
Contoh keanekaragaman hayati tidak hanya bisa terjadi di dunia tumbuhan. Pada binatang kita juga bisa menemukannya. Misalnya pada ayam. Kita mengenal beberapa jenis ayam, termasuk ayam, ayam bangkok, ayam cemani, kate ayam, dan sebagainya. Keragaman ayam adalah bukti keanekaragaman hayati tingkat genetik.

7. Keanekaragaman hayati pada Kambing
Dengan ayam, di dunia kambing kita tahu contoh keragaman hayati tingkat gen. Ada kambing etawah yang memproduksi daging dan susu, kambing alpine, kambing kambing, dan kambing boer merupakan bukti variasi tingkat gen di dunia kambing.

Nah, itu beberapa contoh keanekaragaman hayati genetik baik pada gen hewan maupun tumbuhan. Dengan contoh yang sudah digariskan, mudah-mudahan Anda bisa menangkap garis besar apakah tingkat genetik keanekaragaman hayati. Nah, pada artikel selanjutnya kita akan membahas tingkat keanekaragaman hayati atau tipe spesies, jadi jangan tutup halaman ini terlebih dahulu. Salam.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar