--> Skip to main content

6 Cara Tumbuhan Melindungi Diri Dan Menyesuaikan Diri dilengkapi Contohnya

Cara Tumbuhan Melindungi Diri Dan Menyesuaikan Diri dilengkapi Contohnya - Seperti binatang, tumbuhan juga melindungi diri dari predatornya sehingga kelangsungan hidup dan generasi mereka tidak akan terganggu. Perlindungan diri oleh tanaman berbeda dengan cara perlindungan diri yang dilakukan oleh hewan. Cara tanaman melindungi diri mereka sendiri disesuaikan dengan bagian dan sifat tanaman itu sendiri. Berikut ini artikel yang akan kami gambarkan dan juga bagian body yang digunakan lengkap dengan contoh.

Bagaimana tanaman melindungi diri bisa dilakukan dengan menggunakan bagian tubuhnya, dimulai dengan duri, bulu atau rambut, racun, getah, dan melalui aroma.

6 Cara Tumbuhan Melindungi Diri Dan Menyesuaikan Diri dilengkapi Contohnya

1. Tanaman yang melindungi diri dengan duri

Beberapa tanaman melakukan perlindungan diri dengan menggunakan duri di tubuh mereka. Perlindungan ini cukup efektif untuk mencegah dirinya memangsa hewan pemakan tumbuhan. Dengan duri, hewan yang akan memakan bagian tubuh tanaman akan terganggu dengan ditusuk oleh duri yang tajam. Beberapa contoh tanaman yang melindungi dirinya dengan organ ini seperti mawar, menggonggong, durian, sayang anak perempuan, buluh saat muda, kaktus, dan sebagainya.

2. Tanaman yang melindungi dirinya dengan bulu atau rambut

Selain duri, beberapa tanaman juga melakukan perlindungan diri dengan menggunakan bulu atau bulu. Beberapa dari mereka menghasilkan bulu atau rambut yang menghasilkan gatal pada kulit predatornya. Contoh tanaman yang melakukan proteksi menggunakan bulu seperti bambu. Batang bambu berfungsi untuk melindungi tunas di segmen tersebut. Pelepah ini dilengkapi dengan bulu yang bisa menyebabkan gatal sehingga kuncup bisa terlindungi. Beberapa contoh tanaman yang melindungi dirinya dengan bulu atau rambut lainnya adalah serat dan buah rhutan.

3. Tanaman yang melindungi dirinya dengan racun

Tanaman tertentu melindungi diri dari predator mereka dengan memanfaatkan racun. Cara tanaman melindungi diri dengan racun yang diaplikasikan oleh beberapa umbi seperti karet singkong dan gadung. Selain itu, tanaman amethyst, jarak, dan pohon upas juga menerapkan cara ini untuk mencegah diri dimakan oleh hewan pemakan tumbuhan.

4. Tanaman yang melindungi dirinya sendiri dengan getah

Selain berfungsi sebagai media pengangkutan nutrisi dan fotosintesis pada pembuluh pengangkut, getah juga ternyata berfungsi sebagai media perlindungan diri pada tanaman. Cara tanaman melindungi diri dengan menggunakan getah yang diaplikasikan oleh tanaman nangka dan karet.

5. Tanaman yang melindungi dirinya dengan aroma

Beberapa tanaman juga ada yang melindungi diri dengan menghilangkan aroma tertentu. Misalnya bunga karkas yang sengaja menghilangkan aroma bangkai agar hewan lain tidak memakannya.

6. Tanaman yang melindungi diri dengan kulit keras

Beberapa tanaman memiliki bibit yang dilengkapi dengan kulit kerang keras. Sebut saja buah kelapa, kelapa sawit, salak, mahoni, dan sebagainya. Cangkang juga berfungsi untuk melindungi dirinya agar tidak dimakan oleh hewan pemakan biji atau tanaman, sehingga bisa berkecambah dan bisa terus hidup.

Nah, begitulah beberapa tanaman melindungi diri dan contoh tanaman yang bersangkutan. Mudah-mudahan bisa dengan mudah dipahami dan bisa membantu kesulitan anda. Dapatkah salah satu dari Anda menyebutkan contoh tanaman lainnya yang dapat melindungi diri mereka dengan alat ini? Tolong tuliskan jawaban anda di kolom komentar.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar