--> Skip to main content

15 Contoh Adaptasi Tingkah Laku Pada Hewan dan Tumbuhan : Gambarnya

15 Contoh Adaptasi Tingkah Laku Pada Hewan dan Tumbuhan : Gambarnya - Agar bisa bertahan, makhluk hidup harus beradaptasi dengan segala kondisi di habitatnya. Selain adaptasi morfologi dan adaptasi fisiologi, makhluk hidup juga bisa menyesuaikan tingkah lakunya. Apa itu adaptasi perilaku? Perilaku adaptasi merupakan adaptasi yang dilakukan dengan menyesuaikan perilaku makhluk hidup sesuai dengan kondisi habitat tempat tinggalnya. Pada artikel ini kita akan membahas beberapa contoh adaptasi perilaku beberapa makhluk hidup di sekitar kita.

Contoh adaptasi perilaku dapat dilihat baik pada hewan maupun tumbuhan. Pada hewan, adaptasi perilaku dapat dilihat pada perilaku rayap, paus, dan bunglon, sementara contoh adaptasi perilaku pada tanaman ditemukan pada tanaman jati dan talas.

Contoh Perilaku Adaptasi

1. Adaptasi rayap
Rayap adalah salah satu contoh hewan yang mengadaptasi perilaku. Mereka biasanya akan makan kembali kulit yang mengelupas dari tubuh mereka. Rayap bayi juga menyesuaikan tingkah laku. Mereka akan makan atau menjilati rayap dewasa untuk mendapatkan flagellate. Kebiasaan itu dilakukan untuk mendapatkan kembali flagellata. Flagellata adalah sejenis zat yang bisa membantu rayap untuk mencerna kayu.
15 Contoh Adaptasi Tingkah Laku Pada Hewan dan Tumbuhan : Gambarnya


2. Adaptasi Paus
Paus adalah mamalia laut yang bernafas dengan menggunakan paru-paru. Mereka secara berkala akan menghadap ke permukaan air untuk menarik nafas dan mengambil oksigen. Kebiasaan ini dilakukan untuk bertahan hidup. Karena itu, kebiasaan ini juga bisa menjadi salah satu contoh adaptasi perilaku pada hewan.

3. Mimikri
Beberapa hewan melakukan mimikri untuk menahan serangan musuh atau pemangsa. Mimikri adalah perilaku hewan yang dilakukan binatang untuk menghasilkan kemiripan (kamuflase) dengan lingkungannya. Beberapa hewan yang meniru, misalnya, bunglon yang menyerupai dedaunan atau tanah, laba-laba seperti lebah, atau lalat yang menyerupai gumpalan bunga.

4.Menggugurkan Daun
Contoh adaptasi perilaku tidak hanya dapat ditemukan pada hewan. Beberapa tanaman juga melakukan adaptasi ini untuk bertahan hidup. Misalnya pohon jati dan pohon kedondong. Keduanya akan menumpahkan daunnya selama musim kemarau untuk meminimalkan laju transpirasi (evaporasi).
15 Contoh Adaptasi Tingkah Laku Pada Hewan dan Tumbuhan : Gambarnya


5. Melepaskan Air (Gutation)
Gutasi adalah contoh adaptasi perilaku terhadap tanaman hygrophytic. Tanaman Higrofit adalah tanaman yang hidup di ekosistem yang lembab. Contoh hygrophytes seperti talas. Keladi akan menetes atau mengeluarkan air dari daunnya untuk mengurangi kelebihan air dalam tubuh.

10 contoh adaptasi perilaku pada hewan dan tumbuhan berikut:


  • Untuk mengurangi panas dari sinar matahari, kerbau biasa berkubang di lumpur. Hal ini dilakukan untuk mencegah kerbau dari panas yang disebabkan oleh lumpur.
  • Paus datang ke permukaan setiap 30 menit untuk menghirup oksigen dan mengeluarkan uap air pada tubuh.
  • Semut yang selalu menghubungkan antar kepala untuk berkomunikasi satu sama lain.
  • Kadal tersebut memutuskan ekornya untuk mengelabui musuh yang ingin membidiknya.
  • Kebiasaan cumi yang mengeluarkan tinta setiap saat berhadapan dengan musuh.
  • Trenggiling akan menggulung tubuhnya saat menerima ancaman dari luar.
  • Untuk mengurangi penguapan, pohon jati, melati dan mahoni akan menumpahkan daunnya pada musim kemarau.
  • Daun jagung digulung di musim panas.
  • Bunga mekar pada pukul empat karena rangsangan ringan.
  • Daun pemalu akan kuncup saat disentuh atau terpapar rangsangan dari luar.


Begitulah beberapa contoh adaptasi perilaku pada tanaman dan hewan yang bisa kita sampaikan. Jika ada di antara kalian yang punya contoh lain, tolong sampaikan umpan balik Anda melalui kolom komentar. Semoga bermanfaat
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar