--> Skip to main content

13 Contoh Rantai Makanan di Hutan, Gambar, dan Penjelasannya

Hutan termasuk ekosistem alami. Karena itu, tak heran jika keanekaragaman hayati yang terkandung dalam ekosistem ini sangat tinggi. Jadi, ketika kita membahas rantai makanan di hutan, kita akan menemukan banyak contoh sebagai interaksi antara komponen ekosistem biotik di dalamnya. Nah, di artikel ini kita akan membahas tentang beberapa contoh rantai makanan di hutan lengkap dengan gambar. Tolong didengarkan!

Rantai Makanan di Hutan
Sebelum membahas beberapa contoh rantai makanan di hutan, mari kita tinjau apa yang dimaksud dengan rantai makanan.

Rantai Makanan di Hutan
Rantai Makanan di Hutan

Rantai makanan adalah diagram alir energi yang terbentuk melalui interaksi makanan dan dimakan antara komponen biotik dalam ekosistem. Rantai makanan menguras energi biokimia dari satu organisme ke organisme berikutnya setelah tingkat tingkat trofik tertentu. Dalam rantai makanan, organisme produsen (autotrof) yang dapat menghasilkan makanan sendiri melalui fotosintesis adalah organisme yang bertindak sebagai organisme tingkat trofik terendah.

Di ekosistem hutan, ada banyak contoh rantai makanan yang berlangsung setiap hari. Berikut adalah beberapa contoh rantai makanan.

1. Energi matahari - rumput - kelinci - serigala - pengurai

Contoh pertama adalah rantai makanan yang terjadi di rumput sebagai produsen. Rumput menghasilkan energi dengan melakukan fotosintesis melalui bantuan sinar matahari. Rumput yang dihasilkan rumput mengandung energi sehingga dimakan oleh kelinci. Sebagai herbivora, kelinci ini kemudian dimakan oleh serigala. Dalam kasus ini, serigala bertindak sebagai predator teratas yang akan langsung berhubungan dengan organisme yang membusuk saat kematian.

2. Energi matahari - tanaman - tikus - ular - elang - pengurai
Contoh berikut dari rantai makanan hutan hampir serupa dengan contoh rantai makanan di sawah. Awalnya, tanaman yang menghasilkan berbagai buah dari proses fotosintesis ini dilakukan dimakan tikus, tikus dimakan oleh ular, ular dimakan oleh elang, dan elang menjadi predator puncak. Dengan berbagai kondisi, elang tidak dikonsumsi oleh organisme lain sehingga sering disebut organisme tingkat trofik tertinggi.

3. Energi matahari - rumput - kambing - harimau – pengurai

Rantai makanan hutan berikutnya terjadi ketika rumput dimakan oleh kambing liar sebagai herbivora, kambing yang dimakan harimau sebagai karnivora, dan harimau yang membusuk akan didekomposisi oleh organisme yang bersifat detritiv atau dekomposisi. Adapun keberadaan harimau sebagai organisme tingkat trofik tertinggi semakin langka, rantai makanan dengan pola ini sangat langka.

4. Energi matahari – tanaman buah - monyet – ular phiton – pengurai

Contoh terakhir dari rantai makanan di hutan melibatkan ular phiton sebagai tingkat organim trofik tertinggi. Rantai makanan ini diawali oleh tanaman buah yang menghasilkan aneka buah. Buahnya dimakan oleh monyet atau tupai sebagai herbivora, maka tupai dan monyet kemudian dimakan ular phiton.

Nah, begitulah beberapa contoh rantai makanan di hutan beserta gambarnya. Semoga bisa menambah pengetahuan kita tentang ekosistem dan interaksi antar komponen di dalamnya. Semoga bermanfaat Salam!
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar