--> Skip to main content

Susunan Tata Surya dan Planet Planetnya

Susunan Tata Surya dan planet planetnya - Tata Surya adalah kumpulan benda langit yang terdiri dari bintang yang disebut matahari dan semua benda yang mengelilinginya. Objek-objek ini termasuk delapan planet dikenal dengan orbit elips, lima kurcaci / planet kerdil, 173 diidentifikasi satelit alam [b], dan jutaan benda langit lainnya (meteor, asteroid, komet).

Tata Surya dibagi menjadi Matahari, empat planet dalam, sabuk asteroid, empat planet luar, dan di bagian paling luar ada sabuk Kuiper dan cakram yang bertebaran. Awan Oort diperkirakan terletak di wilayah terjauh sekitar seribu kali di luar bagian terluar.

Susunan Tata Surya dan Planet Planetnya

Berdasarkan jarak, ke delapan planet tersebut adalah:
1. Mercury (57,9 juta km)
2. Venus (108 juta km)
3. Bumi (150.000.000 km)
4. Mars (228.000.000 km)
5. Jupiter (779.000.000 km)
6. Saturnus (1.430 juta km)
7. Uranus (2.880 juta km)
8. Neptunus (4,500 juta km)

Sejak pertengahan 2008, ada lima objek ruang yang diklasifikasikan sebagai planet kerdil, yang orbitnya - kecuali Ceres - lebih jauh dari Neptunus. Kelima planet kurcaci tersebut adalah:

1. Ceres (415.000.000 km di sabuk asteroid, sebelumnya diklasifikasikan sebagai planet kelima)
2. Pluto (5.906 juta km., Dulu diklasifikasikan sebagai planet kesembilan)
3. Haumea (6.450 juta km)
Makemake (6.850 juta km)
5. Eris (10.100 juta km)

SEJARAH PENEMUAN

Enam dari delapan planet dan tiga dari lima planet kerdil dikelilingi oleh satelit alami, yang biasa disebut "bulan" menurut satelit alami Bulan atau Bumi. Masing-masing planet luar dikelilingi oleh cincin planet yang terdiri dari debu dan partikel lainnya.
Sejarah penemuan

Lima planet terdekat ke Matahari selain Bumi (Merkurius, Venus, Mars, Jupiter dan Saturnus) telah dikenal sejak zaman kuno karena semuanya dapat dilihat dengan mata telanjang. Banyak negara di dunia ini memiliki nama sendiri untuk masing-masing planet.

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pengamatan lima abad yang lalu membuat orang memahami benda-benda langit yang bebas dari kerudung mitologis. Galileo Galilei (1564-1642) dengan teleskop refrakternya mampu membuat mata manusia "lebih tajam" dalam mengamati benda langit yang tidak dapat diamati melalui mata telanjang.

Sebagai teleskop Galileo bisa mengamati lebih tajam, ia bisa melihat berbagai perubahan dalam bentuk Venus penampakan, seperti Venus Sabit atau Venus Purnama sebagai akibat dari perubahan Venus posisi ke Matahari penalaran Venus mengelilingi Matahari semakin memperkuat teori heliosentris, yaitu bahwa matahari adalah pusat alam semesta, bukan Bumi, yang digagas oleh Nicolaus Copernicus (1473-1543) sebelumnya. Pengaturan heliosentris adalah Matahari yang dikelilingi oleh Merkurius ke Saturnus.

Teleskop Galileo telah disempurnakan oleh ilmuwan lain seperti Christian Huygens (1629-1695) yang menemukan Titan, satelit Saturnus, yang jaraknya hampir 2 kali dari orbit Bumi-Jupiter.

Perkembangan teleskop juga diimbangi dengan perkembangan perhitungan gerak badan selestial dan hubungan satu sama lain melalui Johannes Kepler (1571-1630) dengan Kepler's Law. Dan puncaknya, Sir Isaac Newton (1642-1727) dengan hukum gravitasi. Dengan dua teori perhitungan inilah yang memungkinkan pencarian dan perhitungan benda-benda langit

Pada tahun 1781, William Hechell (1738-1782) menemukan Uranus. Perhitungan yang hati-hati terhadap orbit Uranus menyimpulkan bahwa planet ini mengganggu. Neptunus ditemukan pada bulan Agustus 1846. Penemuan Neptunus tidak cukup untuk menjelaskan gangguan orbital Uranus. Pluto kemudian ditemukan pada tahun 1930.

Pada saat Pluto ditemukan, ia hanya dikenal sebagai satu-satunya objek luar angkasa yang berada di Neptunus. Kemudian pada tahun 1978, Charon, satelit yang mengelilingi Pluto ditemukan, sebelumnya telah salah untuk planet yang benar karena ukurannya tidak berbeda jauh dari Pluto.

Para astronom kemudian menemukan sekitar 1.000 benda kecil lainnya di belakang Neptunus (disebut benda trans-Neptunus) yang juga mengelilingi Matahari. Mungkin ada sekitar 100.000 benda serupa yang dikenal sebagai benda Sabuk Kuiper (Sabuk Kuiper adalah bagian dari objek trans-Neptunus). Puluhan benda-benda langit termasuk dalam Obyek Sabuk Kuiper termasuk Quaoar (1.250 km pada bulan Juni 2002), Huya (750 km di Maret 2000), Sedna (1.800 km di Maret 2004), Orcus, Vesta, Pallas, Hygiea, Varuna dan 2003 EL61 (1.500 km di bulan Mei 2004).

Penemuan EL61 2003 cukup menghebohkan karena Kuiper Belt Object diketahui juga memiliki satelit pada Januari 2005 meski lebih kecil dari Pluto. Dan puncaknya adalah penemuan UB 313 (2.700 km pada bulan Oktober 2003) yang dinamai oleh penemu Xena. Selain lebih besar dari Pluto, objek ini juga memiliki satelit

MATAHARI

Matahari terlihat dari spektrum sinar-X
Matahari terlihat dari spektrum sinar-X

Matahari adalah bintang tuan rumah Tata Surya dan merupakan komponen utama Tata Surya ini. Bintang ini adalah 332.830 massa bumi. Massa besar ini menyebabkan kepadatan inti yang cukup besar untuk mendukung kontinuitas fusi nuklir dan memuntahkan sejumlah besar energi. Sebagian besar energi ini dipancarkan ke angkasa dalam bentuk radiasi eletromagnetik, termasuk spektrum optik.

Matahari dikategorikan menjadi bintang kerdil kuning berukuran menengah (tipe G V), namun nama ini dapat menyebabkan kesalahpahaman, dibandingkan dengan bintang-bintang di dalam Bima Sakti, matahari itu besar dan cemerlang. Bintang diklasifikasikan oleh diagram Hertzsprung-Russell, sebuah grafik yang menggambarkan hubungan luminositas bintang dengan suhu permukaannya. Secara umum, bintang yang lebih panas akan lebih cemerlang.

Bintang-bintang yang mengikuti pola ini dikatakan berada pada urutan utama, dan matahari berada tepat di tengah seri ini. Namun, bintang yang lebih cemerlang dan lebih panas dari matahari langka, sementara bintang yang redup dan dingin itu biasa terjadi.

Hal ini diyakini bahwa posisi matahari dalam urutan utama umumnya adalah "puncak hidup" bintang, karena hidrogen yang tak habis-habisnya disimpan untuk fusi nuklir. Hari ini matahari tumbuh semakin cemerlang. Pada awal hidupnya, tingkat kecerahannya sekitar 70 persen dari trans saat ini.

Matahari adalah logam yang dikategorikan sebagai bintang "populasi I". Bintang kategori ini terbentuk baru-baru ini pada tingkat evolusi alam semesta, sehingga mengandung lebih banyak unsur lebih berat daripada hidrogen dan helium ("logam" dalam sebutan astronomi) dibandingkan dengan bintang "populasi II".

Elemen lebih berat dari hidrogen dan helium terbentuk di inti bintang kuno yang meledak. Bintang generasi pertama harus punah sebelum alam semesta dapat dipenuhi dengan unsur-unsur yang lebih berat ini.

Bintang tertua mengandung logam yang sangat sedikit, sementara bintang baru memiliki kandungan logam yang lebih tinggi. Meteorit tingkat tinggi ini diperkirakan memiliki pengaruh penting pada pembentukan Tata Surya, karena pembentukan planet merupakan hasil penggumpalan logam.

Tata Surya Bagian dalam

Tata Surya bagian dalam adalah nama umum yang mencakup planet terestrial dan asteroid. Terutama terbuat dari silikat dan logam, benda-benda di Tata Surya bagian dalam yang dekat dengan matahari, jari-jari seluruh wilayah lebih pendek dari jarak antara Jupiter dan
Saturnus.

Planet dalam

Planet dalam: Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars (ukuran berdasarkan skala)
Keempat planet dalam atau planet terestrial memiliki komposisi batu solid, hampir tidak ada atau tidak ada bulan dan tidak memiliki sistem cincin.

Komposisi Planet terutama mineral melting point yang tinggi, seperti kerak berbentuk silikat dan selubung, dan logam seperti besi dan nikel yang membentuk inti. Tiga dari empat planet (Venus, Bumi dan Mars) memiliki atmosfer, yang semuanya memiliki kawah meteor dan sifat permukaan tektonik seperti gunung berapi dan lembah yang retak. Planet yang terletak di antara matahari dan bumi (Merkurius dan Venus) juga disebut planet inferior.


MERKURIUS

MERKURIUS

Merkuri (0.4 SA) adalah planet terdekat dari matahari dan juga yang terkecil (massa bumi 0.055). Merkurius tidak memiliki satelit alami dan fitur geologisnya di samping kawah meteor yang dikenal (tebing atau lobed ridges), mungkin karena penyusutan pada periode awal sejarahnya.

Suasana Mercury yang hampir terbengkalai terdiri dari atom yang dipancarkan dari permukaan oleh ledakan angin matahari. Besarnya inti besi dan ketipisan kerak Merkuri masih belum terjelaskan. Menurut hipotesis, lapisan luar planet dilepaskan setelah tumbukan raksasa, dan pengembangan penuh ("akresi") dihambat oleh energi awal matahari.


VENUS

VENUS

Venus (0.7 SA) berukuran Bumi (0.815 massa Bumi). Dan seperti di bumi, planet ini memiliki selimut kulit silikat yang tebal dan besi, suasananya juga kental dan memiliki aktivitas geologi. Namun, planet ini lebih kering dari pada bumi dan suaranya sembilan kali lebih padat dari Bumi. Venus tidak memiliki satelit.

Venus adalah planet terpanas dengan suhu permukaan mencapai 400 ° C, kemungkinan besar karena jumlah gas rumah kaca yang terkandung di atmosfer. Sejauh ini aktivitas geologi Venus belum terdeteksi, namun karena planet ini tidak memiliki medan magnet yang bisa mencegah penipisan atmosfer, Venus berasal dari gunung berapi.

BUMI

BUMI

Bumi adalah planet terberat terbesar dan terpencar, satu-satunya yang diketahui memiliki aktivitas geologi dan Satu-satunya planet yang diketahui memiliki makhluk hidup. Hidrosfer cairnya khas di antara planet terestrial dan juga satu-satunya planet yang diamati memiliki lempeng tektonik.

Atmosfir bumi sangat berbeda dengan planet lainnya, karena dipengaruhi oleh adanya makhluk hidup yang menghasilkan 21% oksigen. Bumi memiliki satu satelit, bulan, satu-satunya satelit besar planet terestrial di Tata Surya.

MARS

MARS
Mars (1,5 SA) lebih kecil dari Bumi dan Venus (0.107 massa Bumi). Planet ini memiliki atmosfer tipis yang kandungan utamanya adalah karbon dioksida. Permukaan Mars dipenuhi dengan gunung berapi raksasa seperti Olympus Mons dan lembah retak seperti pelaut Valles, menunjukkan aktivitas geologi yang terus berlanjut sampai saat ini. Warna merahnya berasal dari warna tanah yang kaya karat di tanah. Mars memiliki dua satelit alam kecil (Deimos dan Phobos) yang diduga sebagai asteroid yang terjebak oleh gravitasi Mars.

Tata Surya bagian luar

Di bagian luar Tata Surya ada gas raksasa dengan satelit berukuran planet. Banyak komet periode pendek termasuk Centaur, juga mengorbit di daerah ini. Badan padat di wilayah ini mengandung volatil yang lebih tinggi (misalnya air, amonia, metana, yang sering disebut es dalam istilah planet) daripada planet batu di dalam Tata Surya.

Planet luar

Raksasa gas di Tata Surya dan Matahari, berdasarkan skala Keempat planet luar, atau gas raksasa (juga disebut planet jovian), semuanya mencakup 99 persen massa yang mengorbit matahari.

Jupiter dan Saturnus kebanyakan mengandung hidrogen dan helium; Uranus dan Neptunus memiliki proporsi es yang lebih besar. Para astronom menyarankan agar keduanya dikategorikan sebagai raksasa es. Keempat raksasa gas ini semuanya berdering, meski hanya sistem cincin Saturnus yang bisa dilihat dengan mudah dari bumi.

JUPITER

JUPITER

Jupiter (5,2 SA), dengan 318 kali massa bumi, 2,5 kali massa planet lainnya. Kandungan utamanya adalah hidrogen dan helium. Sumber panas di dalam Jupiter menyebabkan beberapa fitur semi permanen di atmosfernya, misalnya band cloud dan Great Red Spot. Sejauh Jupiter diketahui memiliki 63 satelit. Keempat terbesar, Ganymede, Callisto, Io, dan Europa menunjukkan kemiripannya dengan planet terestrial, seperti gunung berapi dan inti panas. Ganymede, yang merupakan satelit terbesar di Tata Surya, lebih besar dari Merkurius.

SATURNUS

SATURNUS

Saturnus (9,5 SA), yang dikenal dengan sistem cincinnya, memiliki beberapa kesamaan dengan Jupiter, misalnya komposisi atmosfernya. Meskipun Saturnus hanya 60% dari volume Jupiter, planet ini hanya berjarak kurang dari sepertiga Jupiter atau 95 kali massa bumi, menjadikannya planet paling padat di Tata Surya.

Saturnus memiliki 60 satelit yang diketahui sejauh ini (dan 3 yang belum dikonfirmasi) dua di antaranya Titan dan Enceladus, menunjukkan aktivitas geologis, meski hampir hanya terdiri dari es saja. Titan lebih besar dari Merkurius dan satu-satunya satelit di Tata Surya yang memiliki atmosfer signifikan.

URANUS

URANUS

Uranus (19,6 SA) yang memiliki 14 kali massa bumi, adalah planet teringan di antara planet-planet luar. Planet ini memiliki kelainan ciri orbital. Uranus mengelilingi matahari dengan lonjakan 90 derajat pada ekliptika. Planet ini memiliki inti yang sangat dingin dibandingkan dengan gas raksasa lainnya dan hanya menghasilkan sedikit energi panas. Uranus memiliki 27 satelit yang dikenal, Titania yang terbesar, Oberon, Umbriel, Ariel dan Miranda.


NEPTUNUS

NEPTUNUS
Neptunus (30 SA) meski sedikit lebih kecil dari Uranus, memiliki 17 kali massa bumi, sehingga membuatnya lebih padat. Planet ini memancarkan panas dari dalam tetapi tidak sebanyak Jupiter atau Saturnus. Neptunus memiliki 13 satelit yang dikenal. Yang terbesar, Triton, aktif secara geologis, dan memiliki geyser nitrogen cair.

Triton adalah satu-satunya satelit besar yang orbitnya terbalik (retrogade). Neptunus juga disertai beberapa planet minor di orbitnya, yang disebut Neptunus Trojan. Benda-benda ini memiliki resonansi Komet 1: 1


Komet Hale-Bopp

Komet Hale-Bopp

Komet adalah badan Tata Surya kecil, biasanya hanya beberapa kilometer, dan terbuat dari es yang mudah menguap. Badan-badan ini memiliki eksentrisitas orbit tinggi, secara umum perihelion mereka terletak di planet dalam dan lokasi aphelion mereka lebih jauh dari Pluto. Ketika sebuah komet memasuki Tata Surya bagian dalam, kedekatan matahari menyebabkan permukaan esnya terionisasi dan terionisasi, menghasilkan koma, ekor gas dan debu yang panjang, yang seringkali terlihat oleh mata telanjang.

Komet periode pendek memiliki orbit kurang dari dua ratus tahun. Sementara komet panjang Memiliki kontinuitas orbital kurang dari dua ratus tahun. Sementara komet periode panjang memiliki orbit yang berlangsung ribuan tahun. Komet yang didambakan pendek diyakini berasal dari Sabuk Kuiper, sementara komet periode panjang, seperti Hale-bopp, berasal dari Oort Cloud. Banyak kelompok komet, seperti Kreutz Sungrazers, terbentuk dari fragmen ibu tunggal. Beberapa komet hiperbatik yang mengorbit berasal dari luar Tata Surya, namun menentukan jalur orbitnya tentu sangat sulit. Komet tua yang volatilnya telah habis karena panas matahari sering dikategorikan sebagai asteroid.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar