--> Skip to main content

Perbandingan Berapa kecepatan 2G 3G dan 4G LTE

Berapakah kecepatan 2G 3G dan 4G? Teknologi internet broadband terasa tak henti menghadirkan tingkat kecepatan dalam berselancar di dunia maya. Dari awal kita tahu dulu seperti GPRS, EDGE, WCDMA to LTE yang kini lagi booming membuat pilihan yang tidak bisa dihindari untuk kelancaran koneksi data. Tapi tahukah anda berapa kecepatan teknologi 2G, 3G to 4G ?, silahkan cek tabel dibawah speed.

1. Untuk tingkat kecepatan teknologi 2G (generasi kedua) seperti tabel di bawah ini:

Kecepatan 2G




2. Untuk tingkat kecepatan teknologi 3G (third generation) seperti tabel di bawah ini:

Kecepatan 3G




3. dan untuk kecepatan teknologi 4G seperti di bawah ini:

Kecepatan 4G
Mungkin data diatas hanya gambaran kecepatan yang sebenarnya dan Kecepatan di setiap lokasi & Operator yang digunakan pasti berbeda - beda, tidak mungkin sama. Saya hanya mengambil kecepatan terendah dan kecepatan tertinggi yang pernah saya raih ketika menggunakan 2 operator tercepat di indonesia.

Kenapa di Iklan menggembar gemborkan kecepatan hingga 150Mbps ? tetapi kenyataanya hanya beberapa MB saja? perlu kalian ketahui bahwa satuan MBps beda dengan Mbps.

Dan biasanya Satuan ukuran file yang kita download di internet itu menggunakan MB bukan Mb. Jadi itu sebabnya kita merasa tertipu dengan kecepatan yang tertera di kartu perdana atau di iklan. Padahal iklan tidak menipu, hanya kita saja yang tidak mengerti perbedaan satuan diatas.

Untuk Streaming (Youtube), rasanya tidak mungkin jika menggunakan 2G, memakai 3G pun masih sering buffering. Tetapi dengan 4G, saya tidak merasakan buffering di kualitas 720p sekalipun. Tapi imbasnya, kuota saya pun tersedot secara cepat

Termasuk di bagian mana dari teknologi gadget anda?, Mudah-mudahan tabel di atas kecepatan teknologi internet bermanfaat.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar