--> Skip to main content

Pengertian Gpu pada Hp Android Beserta Fungsi Dan Kinerjanya

Apa itu GPU dan fungsinya di Hp Smartphone? Unit Pengolahan GPU atau Graphic telah menjadi salah satu tolok ukur dalam memilih dan melihat performa smartphone saat ini.GPU sendiri seperti komponen lain seperti Processor dan RAM telah menjadi paket yang tak dapat dipungkiri lagi performa dan fungsi vitalnya. Jadi apa GPU pada umumnya dan GPU khusus untuk android? Mari kita lihat ulasan singkatnya di bawah ini.

GPU adalah unit pengolahan grafis atau tampilan visual dimana karya GPU sebagai yang sempurna dan meringankan performa Prosesor dan Ram dalam proses tertentu. 
Pengertian Gpu pada Hp Android Beserta Fungsi Dan Kinerjanya

GPU sendiri memfokuskan tugasnya untuk melakukan rendering image yang akan ditampilkan ke layar output. Misalnya ada gambar apakah itu vektor, 2 Dimensi atau 3D akan diproses dan akan ditampilkan ke layar ponsel maka tugas GPU adalah proses rumah yang baik akibat buruk yang ditunjukkan. Semakin besar spesifikasi GPU maka tampilan visualnya lebih halus ditampilkan. Processor sendiri tidak akan bisa melakukan tugas rendering gambar / video tanpa bantuan GPU.

Di dalam GPU juga ada memori sementara RAM yang berfungsi sebagai Memory selama proses berlangsung. Semakin besar RAM di GPU maka performa pembuatan tampilan yang dihasilkan tidak akan membebani RAM utama sekaligus prosesor di ponsel itu sendiri. Contoh aplikasi yang memanfaatkan kerja GPU meliputi Aplikasi Game, aplikasi pengolahan Video, Pemutar Video, Aplikasi Pengeditan Gambar, Kamera dan Perekam Video. Jadi halus, tajam, resolusi dan gambar / video halus yang ditampilkan di layar adalah kinerja GPU sebelum diproses lebih lanjut oleh prosesor.

Sudah tahu apa itu GPU dan fungsinya?, Untuk mengetahui merk dan performa GPU ponsel Anda bisa dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi Benchmark yang telah saya ulas di artikel sebelumnya. Semoga bermanfaat
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar