--> Skip to main content

Cara Menjadikan / Membuat Smartphone Hp Android Sebagai CCTV

CCTV (Closed Circuit Television) sudah banyak dipasang di tempat-tempat yang biasanya sering terjadi pencurian dan perampokan. CCTV berguna untuk meningkatkan keamanan serta bukti yang kuat jika saja nanti terjadi kejahatan. Pada umumnya CCTV memiliki kamera yang disembunyikan dan sebuah DVR (Digital Video Recorder) yang merekam kejadian-kejadian yang dilihat oleh kamera tersebut.

Cara Membuat CCTV Dengan Handphone Android


Seiring perkembangan jaman, CCTV berubah bentuk menjadi semakin modern dan aman. Bahkan kini smartphone Android pun bisa dijadikan CCTV dengan menggunakan koneksi WiFi satu jaringan ataupun menggunakan koneksi internet yang bisa kita atur dari jauh. Penasaran bagaimana cara melakukannya?, berikut adalah cara membuat cctv dengan handphone android. Berikut Cara Menjadikan / Membuat Smartphone Hp Android Sebagai CCTV

Gunakanlah Aplikasi Web of Cam


WiFi Baby Monitor - NannyCam
WiFi Baby Monitor - NannyCam 2.0.6
Video & Audio by Alfred Labs Inc.


Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah kamu perlu mengunduh dan meng-install aplikasi yang diberi nama Web of Cam. Aplikasi ini tidak hanya tersedia untuk perangkat Android, namun smartphone berbasis iOS dan Symbian juga bisa menginstallnya. Saat pertama kali menjalankan aplikasi ini, kamu akan diminta untuk memasukkan akun Google kamu, sebab aplikasi ini memang membutuhkan akun Google untuk bisa beroperasi.

Setelah kamu memverifikasi akun Google kamu, maka kamu akan ditampilkan dua pilihan, ada 'Camera' atau 'Viewer'. Camera merupakan pilihan untuk menjadikan smartphone Android sebagai CCTV atau Web Cam. Viewer menjadikan smartphone untuk memantau smartphone kamu lainnya yang dijadikan sebagai CCTV. Ketika kamu memilih 'Camera', maka aplikasi akan mulai mengaktifkan kamera belakang dan menunggu perangkat lainnya untuk menjadi 'Viewer'. Aplikasi ini pun akan beroperasi di latar belakang dan akan terus membuat video selalu streaming.

menjadikan smartphone Android sebagai CCTV
menjadikan smartphone Android sebagai CCTV 1

Untuk memastikan kalau perangkat kamu itu selalu aktif, tidak mungkin bukan jika kamu menjadikan smartphone Android kamu sebagai CCTV menyala 24 x 7? Maka dari itu, kamu harus men-charge-nya agar tetap hidup. Kemudian, pastikan smartphone sudah terkoneksi internet ataupun jaringan WiFi. Tempatkan ponsel pada di tempat yang lebih tinggi agar wilayah yang terpantau cukup luas.

Untuk memantau smartphone Android terbaik kamu yang sudah dijadikan CCTV, ingat kamu perlu memasangkan aplikasi yang sama pada ponsel Android lainnya lagi. Setelah kamu menginstallnya, tekan opsi 'Viewer'. Kemudian, kamera yang terdeteksi akan muncul dalam daftar di 'Available Cameras'. Kamu tinggal memilih yang sudah kamu pasangkan sebagai CCTV, kemudian dua perangkat Android kamu siap memantau lokasi yang kamu inginkan.

menjadikan smartphone Android sebagai CCTV
menjadikan smartphone Android sebagai CCTV 

Dengan aplikasi yang bisa menjadikan smartphone Android kamu sebagai CCTV, kamu bisa mengontrolnya dari jarak jauh, meng-capture gambar, mengganti kamera belakang dan depan, bahkan kamu mampu menyalakan LED Flash sebagai sumber cahaya. Sehingga, apapun kondisinya kamu tetap bisa melihat kondisi ruangan yang kamu tempatkan CCTV via smartphone menjadi aman. 

Sekarang anda bisa merasa aman dengan CCTV dengan handphone android karena bisa memantau keadaan dari jarak jauh. Ingat gunakan tutorial ini secara bijak, jangan gunakan untuk hal kriminal ataupun mengerjai orang secara berlebihan. Jika anda memiliki pertanyaan tentang artikel ini bisa dituliskan di kotak komentar di bawah postingan ini, semoga tutorial ini bermanfaat.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar