--> Skip to main content

Cara Mempercepat Koneksi Wifi Di Rumah Yang Lambat Dengan Cara Ampuh Ini

Salah satu hal yang menjengkelkan dalam hidup adalah ketika koneksi WiFi melambat, terutama kita membutuhkannya sekali lagi. Koneksi internet melambat bisa jadi banyak penyebabnya, salah satunya adalah karena setting router atau link dan sender paket data.

Bila koneksi WiFi di rumah Anda mulai lamban, apalagi karena kesalahan setting di router maka coba perbaiki dengan cara berikut deh! Dijamin, koneksi anda kembali lebih cepat dari biasanya.

1. Coba cek posisi router.

router-1-2bfefc5bae23f55bac1072e1e47aaa5c.jpg

Jika koneksi WiFi melambat karena ada masalah dengan router maka coba periksa posisinya. Biasanya, jika posisi router anda salah alias tidak benar maka itu menyebabkan koneksi terputus.

Jangan sekali-kali menempatkan router di dekat jendela, karena ini bisa membuat sinyal internet tidak merata di dalam ruangan. Selain itu, jangan letakkan router di lantai (terutama jika lantaimu terbuat dari semen, beton dan logam) atau tempat yang rendah karena akan sulit mengirim sinyal.

2. Hindari meletakkan router di dekat barang elektronik lain. 

router-2-0bf4d1f07ad8cc018d08f30e4526bf88.jpg

Ya, jangan sekali-kali menempatkan router Anda di dekat perangkat elektronik lainnya seperti gelombang mikro, telepon nirkabel atau televisi. Setiap perangkat elektronik yang menghasilkan sinyal elektromagnetik dapat mengganggu dan memperlemah sinyal WiFi.
Selain itu, ada juga yang akan memasang router dekat dapur!

3. Usahakan atur antena router dalam posisi berdiri. 

router-3-a1a03be0316331a18671e69ae638dde4.jpg


Hal ini penting banget, karena antena penerus secara vertikal alias berdiri membuat sinyal bisa dipancarkan dengan benar dan sempurna. Posisi berdiri antena bisa membuat sinyal memancar secara horisonal, sehingga sinyal WiFi lebih mudah menjangkau ke seluruh bagian ruangan.

4. Kalau masih lambat, bisalah kamu otak-atik software router.

router-4-b2294ce0cb4535a7e0818ab054f491a7.jpg

Selain memperhatikan sisi hardware router, Anda juga bisa bermain-main dengan perangkat lunak router untuk mempercepat koneksi WiFi. Tapi perlu Anda ingat, untuk bermain-main dengan software maka Anda harus mengetahui langkah-langkahnya dengan benar sehingga router tidak mengalami kerusakan.

Fyi, akses ke perangkat lunak bisa dibuka melalui IP khusus. Biasanya, Anda bisa mengecek melalui panduan yang disertakan di bagian bawah router atau tempat tidur bayi.
Jika bisa masuk ke setting, maka segera ubah frekuensi saluran dari router (biasanya ada 14 channel yang bisa dipilih). Nah, saluran terbaik yang bisa Anda pilih untuk diubah ada di nomor 1, 6 dan 11 karena cenderung minimal.

Selain metode di atas, Anda juga bisa mengupgrade firmware dari router. Soalnya, interupsi bisa terjadi saat firmware di router anda tidak up-to-date dan firmware terbaru ini berguna untuk meningkatkan performa router anda.
Begitulah cara memperbaiki koneksi WiFi yang lambat di rumah. Silahkan coba langkah diatas dan semoga bisa bantu ya!
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar