--> Skip to main content

Contoh Surat Lamaran Kerja Guru TK

Dalam sebuah pendidikan atau sekolah terdapat banyak jenjang. Jenjang tersebut di mulai dari Pendidikan anak usia dini (PAUD) Kelompok bermain Tingkat TK, SD hingga sampai ke perguruan tinggi. Dalam dunia ajar mengajar tidak ada yang tidak tau dengan namanya Guru dan Siswa. Dalam sebuah jenjang pendidikan pasti ada 2 buah unsur wajib ini yaitu guru dan siswa. Guru berperan sebagai orang yang memberikan Ilmu dan siswa adalah orang yang menerima Ilmu. Dalam sebuah sekolah, seorang guru harus mempunyai kompetensi yang didalam bidang ajar-mengajar. Misalkan dalam sebuah sekolah TK, Sebuah lembaga pendidikan tidak boleh secara serta-merta menerima surat lamaran guru TK dengan seenaknya. Harus melalui seleksi yang harus ada perhitungannya.

Dalam pendidikan anak usia dini diperlukan guru yang mempunyai skil tinggi tentang mengorganisir, mendidik, serta menyayangi anak didiknya. Karena pada tingkat TK ini seseorang telah dimulai dunia pendidikannya. Apabila seorang guru pada jenjang pendidikan TK dirasa tidak menyenangkan disaat mengajar, maka secara tidak langsung akan menanamkan terhadap anak bahwa sorang "Guru TK tidak menyenangkan”. Seorang guru yang melamar pekerjaan baiknya harus terseleksi dengan baik. Seleksi calon seorang guru tidak lepas dari surat lamaran guru tk yang dia tulis. Jika dari penulisan surat lamaran pekerjaan saja tidak mampu sesuai dengan ejaan dan format yang benar, sudah pasti dia akan tereliminasi.

Penulisan Surat Lamaran Guru

Pada sebuah surat lamaran yang bertujuan untuk menjadi seorang guru harus bersifat resmi, rapi dan mudah dipahami. Apabila dalam dalam sebuah surat lamaran kerja Guru tidak rapi serta sulit untuk dipahami, maka sudah pasti akan sia-sia dan berakhir di gudang arsip. Pada dasarnya sebuah penulisan surat lamaran kerja guru TK harus mempunyai sebuah aturan atau minimal contoh surat yang bisa dijadikan panutan.
Dalam sebuah contoh surat lamaran kerja guru TK, harus sudah teruji kebenaran dalam segi tulisan, bahasa dan format. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini saya bermaksud untuk mencoba memberikan sebuah contoh surat lamaran pekerjaan yang ditujukan untuk melamar guru TK. Silahkan disimak contoh surat berikut ini.


Kepada Yth.
Ibu Kepala Sekolah
TK. SITI HAJAR
Di Pagotan Madiun
Dengan Hormat,

Dengan datangnya surat lamaran ini, saya bermaksud untuk melamar pekerjaan dan bergabung dalam sekolah TK SITI HAJAR yang Ibu pimpin. Adapun bagian pekerjaan yang saya maksudkan adalah sebagai guru.
Berikut ini mengenai informasi data diri saya :
Nama : Aminah Siti Rumanah, S.Pd
Tempat & tanggal Lahir : Malang, 21 Juni 1991
Pendidikan terkahir : S1 Sastra Indonesia
Alamat : Jalan Moh.Yamin RT:05/RW:03 Pagotan, Madiun
Telepon (HP) : 085446552145
e-mail : Aminahsiti [at] gmail [dot] com
Status : Menikah

Dan saat ini saya dalam keadaan yang sehat jasmani dan rohani dan mampu bekerja secara tim maupun individu. Kejujuran adalah salah satu motto dalam hidup saya, dan saya juga dapat mengoperasikan komputer dengan baik seperti : MS. Word, Excel, dll.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :
1. Daftar Riwayat Hidup
2. Fotokopi Ijazah
3. Fotokopi Transkrip Nilai
4. Pas Photo terbaru
5. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk
6. Fotokopi Kartu Keluarga
Kesempatan wawancara dari Ibu sangat saya harapkan .
Demikian surat lamaran ini, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Aminah Siti Rumanah, S.Pd
Itulah sebuah contoh surat lamaran pekerjaan yang ditujukan untuk bekerja menjadi guru TK pada sebuah lembaga pendidikan anak usia dini. Semoga contoh surat diatas memberikan kita wawasan serta pengetahuan tentang tata cara penulisan sebuah surat lamaran pekerjaan yang baik, khususnya untuk melamar menjadi seorang guru TK.

Sebenarnya contoh surat lamaran di bisa juga anda modifikasi untuk melamar di lembaga pendidikan lainnya misalnya :
  • Guru PAUD
  • Guru SD
  • Guru MI
  • Guru SMP
  • Guru SMK
  • Dosen
  • Dan lainnya
Jika anda ingin melamar di sebuah lembaga pendidikan lain, maka anda harus memodifikasi contoh surat di atas sesuai dengan kebutuhan anda.
Jika dirasa ada yang tidak benar dalam penulisan contoh surat lamaran guru TK diatas, kami mohon kritik dan masukannya untuk dijadikan bahan pertimbangan demi sempurnanya contoh surat lamaran.




Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar