--> Skip to main content

Pentingnya Peran Masyarakat dan Ormas Dalam Pencegahan Terorisme dan Radikalisme

Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara kita tidak bisa terlepas menjadi bagian dari masyarakat dan lingkungan. Karena memang ditakdirkan saling berinteraksi untuk bisa memenuhi kebutuhan hidupnya.
Dengan segala kemampuannya yang ditunjang penemuan-penemuan ilmu pengetahuan dan teknologi terutama pengembangan di bidang IT mengalami lompatan yang tidak terduga sebelumya. Dan mampu menembus pilar-pilar kehidupan sehingga bisa mempengaruhi pola pikir serta pandangan suatu faham dan keyakinan seseorang.
Hal tersebut sudah terbukti di banyak media masa dengan munculnya beberapa kasus yang terjadi di luar penalaran kita.
Tentunya hal tersebut menjadi keprihatinan bersama, baik pihak pemerintah dan semua masyarakat Indonesia yang mendambakan negeri ingkang tata tentrem kerta raharja loh jinawi.
Sebelum mencoba mengidentifikasi sebuah permasalahan. Maka perlu definisi masyarakat. Masyarakat adalah “sekelompok manusia yang memiliki pemikiran, perasaan serta sistem aturan yang sama dan terjadi interaksi antara sesama. Kerana kesamaan tersebut untuk kebaikan masyarakat dan warganya”(1). Masyarakat dengan perkembangannya dengan ditunjang oleh sarana dan prasarananya ada pergeseran nilai dan muncul berbagai kepentingan dari kelompok sosial yang dibentuk oleh masyarakat. baik yang berbadan hukum atau tidak berbadan hukum dan harapannya untuk bisa mencapai tujuannya.
Pada dekade akhit-akhir ini di beragai negara telah bermunculan macam-macam faham dengan mengusung berbagai macam penyelesaian persoalan yang dibalas dengan janji surgawi, dibarengi dengan berbagai skenario. Seingga mampu menjerat mangsanya.
Kondisi yang serba tidak menentu inilah waktu sangat tepat bagi mereka. Sebab faham radikalisme muncul bermula karena adanya ketidakpuasan seorang atau kelompok.
Seni budaya lokal (shalawat gembrung) merupakan hasil karya putra bangsa pada perkembangannya masih sangat relevan untuk menjawab tantangan jaman, apa yang menjadi penyebabnya.
1.      Seni gembrung merupakan akar budaya bangsa indonesia (lokal)
2.      Mengandung pesan nilai moral yang adi luhung
Misalnya
كوعيع امة كابيه منهو ديني ليما واجب سنمباه ديهن بفا ايبو سناء توا سكروني مريع كورو مبوه راتوني. الله.. رسول الله
3.      Mampu memecahkan permasalahan sosial
4.      Dll.



Mudah mudahan apa yang kami sajikan ini sedikit memberikan manfaat kita bersama.

Amin amin amin.



(1). An-Nabawi
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar