Fasilitas Sekolah dan Fungsinya | Sarana Prasarana Belajar Mengajar

Download Undangan Contoh cara membuat Surat Edaran keterangan pernyataan permohonan kuasa resmi lamaran pekerjaan Guru lulusan PAUD KB TK SD SMP MTS SMA SMK Mahasiswa sarjana S1 yang baik dan benar

Fasilitas Sekolah dan Fungsinya | Sarana Prasarana Belajar Mengajar

KETENTUAN PRASARANA DAN SARANA 

dalam sebuah taman pendidikan MI/SD atau yang lainnya harus memiliki fasilitas fasilitas penunjang kegiatan belajar mengajar agar tercapainya kegiatan belajar menagajar yang enak dan nyaman. tanpa adanya fasilitas-fasilitas sekolah yang memadai kegiatan belajar menagajar di sekolah akan terhambat.

Sebuah SD/MI sekurang-kurangnya memiliki prasarana sebagai berikut:
ruang kelas
Fungsi ruang kelas adalah tempat kegiatan pembelajaran teori, praktek yang  tidak memerlukan peralatan khusus, atau praktek dengan alat khusus yang mudah dihadirkan.
ruang perpustakaan
Ruang perpustakaan berfungsi sebagai tempat kegiatan peserta didik dan guru memperoleh informasi dari berbagai jenis bahan pustaka dengan membaca
laboratorium IPA
Sarana laboratorium IPA berfungsi sebagai alat bantu mendukung kegiatan dalam bentuk percobaan.
ruang pimpinan
Ruang pimpinan berfungsi sebagai tempat melakukan kegiatan pengelolaan sekolah, pertemuan dengan sejumlah kecil guru, orang tua murid, unsur komite sekolah, petugas dinas pendidikan, atau tamu lainnya.
ruang guru
Ruang guru berfungsi sebagai tempat guru bekerja dan istirahat serta menerima tamu, baik peserta didik maupun tamu lainnya.
tempat beribadah
Tempat beribadah berfungsi sebagai tempat warga sekolah melakukan ibadah yang diwajibkan oleh agama masing-masing pada waktu sekolah.
ruang UKS
Ruang UKS berfungsi sebagai tempat untuk penanganan dini peserta didik yang mengalami gangguan kesehatan di sekolah.
Sarana dan prasarana sekolah memperlancar kegiatan belajar mengajar
jamban
Jamban berfungsi sebagai tempat buang air besar dan/atau kecil.
gudang
Gudang berfungsi sebagai tempat menyimpan peralatan pembelajaran di luar kelas, tempat menyimpan sementara peralatan sekolah yang tidak/belum berfungsi di satuan pendidikan, dan tempat menyimpan arsip sekolah yang telah berusia lebih dari 5 tahun.
ruang sirkulasi
Ruang sirkulasi horizontal berfungsi sebagai tempat penghubung antar ruang dalam bangunan sekolah dan sebagai tempat berlangsungnya kegiatan bermain dan interaksi sosial peserta didik di luar jam pelajaran, terutama pada saat hujan ketika tidak memungkinkan kegiatan-kegiatan tersebut berlangsung di halaman sekolah.
tempat bermain/berolahraga
Tempat bermain/berolahraga berfungsi sebagai area bermain, berolahraga,
pendidikan jasmani, upacara, dan kegiatan ekstrakurikuler.

itulah sebelas poin penting demi terwujudnya kegiatan belajar mengajar di sekolah demi terciptanya kelancaran kegiatan-kegiatan yang ada di sekolah.

Terimakasih atas kunjungas dan kesempatan anda membaca di tulisan tentang sarana prasana fasilitas sekolah serta gunsinya. semoga dapat menambah pengetahuan kita tentang arti kenyamanan belajar siswa, tentang arti kewajiban mendidik anak usia sekolah.