--> Skip to main content

Rantai Makanan Di Sawah, Contoh, dan Gambar Lengkapnya

Ekosistem lahan basah merupakan ekosistem buatan yang ditujukan untuk budidaya padi. Karena itu termasuk ekosistem buatan, keanekaragaman hayati ekosistem ini tergolong rendah. Jenis tanaman yang ditanam di ekosistem ini didominasi oleh tanaman padi sehingga organisme pada tingkat trofik berikutnya juga termasuk organisme pemakan padi.

Rantai Makanan di Sawah
Nah, terkait dengan ekosistem lahan basah, pada kesempatan ini kita akan membahas tentang beberapa contoh rantai makanan yang ada di ekosistem ini. Mudah-mudahan dengan gambar, saudara laki-laki dan perempuan bisa mengerti dengan mudah contoh ini.
rantai makanan di ladang

rantai makanan di sawah


1. Energi matahari – Padi – Burung pemakan biji – Ular sawah – Elang – Pengurai

Contoh pertama adalah rantai makanan yang terjadi saat padi di ekosistem lahan basah mulai berbuah. Energi matahari yang diserap tanaman padi untuk pertumbuhannya menghasilkan benih padi sebagai produk siap panen. Namun, beberapa bibit tersebut kemudian dimakan oleh burung pemakan biji seperti burung emprit, jalak jalak, dan sebagainya. Burung-burung ini - terutama ayam yang baru menetas mereka biasanya sebagian memangsa ular beras. Nah, ular sawah kemudian dimakan oleh elang sebagai organisme tingkat trofik tertinggi dan jika elang mati, maka akan membusuk karena detritivor.

2. Energi matahari – Rumput – Serangga – Tikus – Ular sawah – Pengurai

Contoh rantai makanan di ladang berikut dengan rumput sebagai penghasil. Seperti diketahui, di sekitar ladang galengan atau tanggul kita biasanya akan menemukan gulma yang tumbuh liar. Rumput ini menyerap energi matahari dan mengubahnya sebagai bahan baku untuk pertumbuhannya. Daun rumput - terutama yang muda akan dimakan serangga, sementara serangga akan dimakan tikus. Tikus tersebut kemudian dimakan oleh ular padi sebagai organisme tingkat trofik tertinggi sampai kemudian mereka meninggal dan didekomposisi oleh detritivor tersebut.

3. Energi matahari – Padi – Tikus – Elang – Pengurai.

Untuk rantai yang lebih pendek, tikus yang makan nasi akan dimakan oleh elang. Elang bertindak sebagai organisme tingkat trofik tertinggi sehingga energi yang tersimpan dari tubuhnya akan terurai saat mati dan membusuk oleh organisme yang membusuk.

4. Energi matahari – Padi – Serangga – Katak – Ular sawah – Elang – Pengurai

Contoh rantai makanan di sawah berikutnya adalah tanaman padi yang dimakan serangga, lalu serangga memakan kodok, kodok dimakan ular beras, ular dimakan oleh elang, dan elang mati membusuk dan didekomposisi oleh detritivor.

5. Energi matahari – Padi – Keong mas – Katak – Ikan – Ular sawah – Pengurai

Contoh rantai makanan di bidang ini umumnya hanya terjadi pada musim tanam. Tanaman padi yang baru ditanam adalah makanan terbaik yang dipilih maskulin dewasa. Keongmas sendiri saat bertelur, telurnya sering dimakan kodok. Katak yang bermain di sekitar sungai memang mangsa ikan yang mudah, sedangkan ikan merupakan makanan terbaik untuk ular. Dalam kasus ini, ular sawah menjadi organisme tingkat trofik tertinggi yang akan melanjutkan rantai makanan setelah kematian dan pembusukan.

Nah, itu beberapa contoh rantai makanan di ladang dengan gambar yang bisa kita jelaskan. Jika rantai makanan - rantai makanan digabungkan, maka akan menciptakan pola baru yang disebut jaring makanan di ekosistem lahan basah. Mudah-mudahan bisa dengan mudah dipahami dan menambah pengetahuan semua saudara. Salam.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar