--> Skip to main content

Mengenal Jenis-Jenis Akar Pada Tumbuhan ( Serabut Dan Tunggang )

Tanaman /tumbuhan yang berbeda, berbagai jenis akar dan serabut. Namun, fungsi akar tanaman tidak bisa diganti dengan organ tubuh lainnya. Akar macam apa yang bisa ditemukan pada tanaman? Mari kita simak diskusi yang telah eBiologi.com berikut ini!

Akar adalah bagian tanaman yang berada di bagian paling bawah tanaman dan tumbuh ke arah inti bumi. Akar memiliki beberapa sifat, diantaranya:

  1. Biasanya tumbuh di tanah dan pertumbuhannya mengarah ke inti bumi (geotrope) atau menuju air (hidrotes), jauh dari udara dan cahaya;
  2. Umumnya tidak berkuku dan beruas;
  3. Putih atau kekuningan;
  4. Tepi tumbuh terus menerus, namun pertumbuhannya lebih lambat dari pada puncak tanaman;
  5. Ujung akar berbentuk lancip berguna untuk partikel tanah yang mudah tembus.


Jenis-jenis Akar
Bentuk rooting pada tanaman menjadi salah satu faktor pembeda dalam mengklasifikasikan tanaman tingkat tinggi. Saat benih berkecambah, akar (radikula) berkembang menjadi akar institusi. Berdasarkan sistem akar ini, akar terbagi menjadi dua jenis, yaitu akar tunggang dan akar serat.

1. Akar serabut
Akar fibrosa berbentuk seperti serat kelapa, kecil, dan panjang. Umumnya monokotil memiliki akar serat. Tapi akar tanaman yang disebarkan sayuran juga berserat. Akar serat terbentuk dari akar institusi mati dan tumbuh akar baru yang memiliki ukuran relatif sama dan keluar dari pangkal batang. Sedangkan untuk bentuknya, jenis akar serat dapat dibedakan menjadi akar benang (misalnya nasi), akar tambang (misal kelapa), dan akar serat besar (misalnya pandan).

Gambar bentuk akar tunggang dan akar serabut
Gambar bentuk akar tunggang dan akar serabut


2. Akar tunggang
Akar tunggang umumnya dimiliki oleh tanaman dikotil generatif yang disebarkan dengan biji. Tanaman dikotil akar memiliki akar utama yang menembus langsung ke lapisan tanah dan bercabang pada sisinya.

Tanaman dengan akar akar tumbuk mempertahankan akarnya sehingga berkembang menjadi akar primer yang disebut akar taprous (radix primaria) yang memiliki cabang.

Berdasarkan jumlah percabangan, jenis jenis akar menunggang dapat dibagi menjadi dua jenis: akarnya tidak tunggang atau sedikit bercabang dan bercabang.

a. Tidak atau sedikit bercabang

Jenis tanaman ini memiliki akar tanpa bercabang atau hanya sedikit bercabang. Jenis akar tunggang ini memiliki bentuk khas, bentuk tombak atau pena (fusiform) seperti pada wortel dan lobak, bentuk gasing seperti pada bengkuang, begitu pula bentuk benang seperti pada akar tanaman kratok.

b. Bercabang (ramosus)

Jenis akar tunggang ini memiliki banyak cabang dan setiap cabang memiliki cabang yang lebih panjang sehingga memiliki zona akar yang lebih luas. Misalnya di pohon buah.

Jenis Jenis Akar Berdasarkan Fungsi
Fungsi utama akar adalah sebagai organ penyerap nutrisi air dan mineral. Namun, ada fungsi lain dari akar tanaman. Menurut fungsinya, akarnya dibagi menjadi:

1. Akar gantung atau akar udara (radix aereus)

Akar gantung di atas permukaan tanah, menempel pada tangkai, tumbuh menjuntai ke tanah. Fungsi akar gantung ini adalah sebagai penyerap organ uap air dan gas, namun saat mencapai tanah dan masuk ke tanah, ia bertindak sebagai akar pada umumnya. Contoh tanaman yang memiliki akar gantung ini adalah pohon beringin dan tanaman anggrek. [Baca: Struktur Anatomi Akar]

2. Akar pembelit (cirrhus radicalis)
Akar ini memutar batang tanaman. Contohnya bisa ditemukan di tanaman vanili.

3. Akar nafas (pneutophora)
Akar nafas adalah bagian dari akar yang tumbuh dari batang bawah, sebagian menyembul keluar dan sebagian tumbuh di tanah. Bagian akar yang muncul adalah tempat di mana udara masuk melalui celah-celah permukaan akar. Contoh tanaman yang memiliki akar nafas ini adalah bakau dan pandan.

Mengenal Jenis-Jenis Akar Pada Tumbuhan ( Serabut Dan Tunggang )
Gambar a) akar nafas; b) akar gantung; c) akar tunjang

4. Akar pelekat akar (radix adligans)
Akar ini tumbuh, menempel dan memanjat di batang. Contoh tanamannya adalah sirih.

5. Akar penghisap (haustorium)
Akar ini memiliki fungsi sebagai penyerap air, nutrisi mineral, dan makanan dari batang pohon tempat ia duduk. Tanaman dengan akar ini hidup sebagai parasit, misalnya seperti pada akar parasit.

6. Akar tunjang
Akar ini tumbuh ke segala arah, berbentuk seperti serat. Jenis akar ini dimiliki oleh tanaman pandan.

7. Akar lutut
Beberapa akar ini tumbuh di tanah lalu disematkan di tanah, tenggelam seperti bentuk gelombang yang berfungsi sebagai respirator. Contohnya adalah pohon

8. Akar banir
Bagian akar ini tumbuh tinggi di atas tanah, berbentuk seperti papan datar. Contoh tanaman deng
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar