--> Skip to main content

Fungsi Rambut Akar Tumbuhan dalam Proses Penyerapan Air dan Hara Tanah

Jika teman mencabut akar tanaman atau tumbuhan , maka akan terlihat akar lebih kecil dan halus. Akar ini disebut akar rambut. Akar rambut merupakan bagian akar yang memiliki fungsi penting dalam proses penyerapan hara dan air di dalam tanah. Apa fungsi rambut akar? Untuk lebih jelasnya, mari kita simak pembahasan berikut ini.

Rambut akar
Rambut akar adalah bulu halus atau bulu berserat pada akar tanaman, biasanya kecil dan ada pada sisi akar atau cabang akar. Rambut akar merupakan perpanjangan permukaan lapisan epidermal akar yang berfungsi untuk mengoptimalkan penyerapan mineral air dan mineral. Semakin banyak akar rambut, luas permukaan akar akan lebih besar sehingga memungkinkan tanaman mencapai air dan mineral hara di tempat yang jauh dari tanaman tersebut tumbuh. [Baca: Struktur Anatomi Akar]

Rambut akar berumur pendek. Ia tinggal hanya dua sampai tiga minggu dan kemudian terus beregenerasi melalui pembelahan mitosis. Ukuran rambut akar sangat kecil (diameter 5-17 mikrometer dengan panjang antara 80-1500 mikrometer), bersel satu, dan panjangnya hanya beberapa milimeter dari akarnya. Umumnya akar rambut tidak memiliki kutikula sehingga pergerakan nutrisi air dan mineral dari tanah ke dalam pembuluh akan lebih mudah.

Fungsi Rambut Akar Tumbuhan dalam Proses Penyerapan Air dan Hara Tanah
Gambar akar tanaman dan struktur akar rambut pada tanaman




Fungsi Rambut Akar

Fungsi utama rambut akar adalah untuk menemukan celah antara partikel tanah dan memudahkan proses penyerapan air dan mineral nutrisi. Air dan nutrisi yang telah diserap kemudian dibawa ke bagian akar tanaman lainnya. Asam ini disekresikan oleh akar rambut ini. Asam akan membantu melarutkan penambang gizi dalam bentuk ion sehingga penambang nutrisi lebih mudah diangkut dan diangkut di akarnya. 

Struktur rambut akar

Rambut akar terletak di sisi samping akar. Secara umum, akar rambut terdiri dari beberapa bagian, yaitu dinding sel (lapisan terluar akar rambut yang melindungi akar rambut), selaput sel permukaan, sitoplasma, dan vakuola.

Vakuola adalah tempat penyimpanan sementara. Di dalam vakuola tersimpan ion air dan mineral mineral. Sebelum dibawa ke bagian akar yang lain. Penyimpanan ion dalam vakuola ini juga berperan dalam menunjang fungsi rambut akar dalam membantu pertukaran ion di zona akar.

Proses Penyerapan Air dan Mineral Mineral dengan akar Rambut

Rambut akar bisa mencapai air dan mineral nutrisi dari celah-celah partikel tanah. Nutrisi air dan mineral diserap dalam bentuk ion. Ion masuk melalui celah dinding sel, lalu menembus selaput sel, lalu masuk ke dalam sitoplasma. Jika daun membutuhkan ion, maka ion yang diserap langsung diangkut ke daun untuk kemudian digunakan untuk fotosintesis. Jika tidak perlu, ion-ion tersebut tersimpan dalam vakuola.

Ion-ion yang ada di sitoplasma atau vakuola bergerak. Dimana ketika konsentrasi ion di luar sel lebih rendah, ion di dalam sel akan keluar sehingga konsentrasi ion menjadi seimbang. Dan sebaliknya. Penyerapan ion air dan mineral nutrisi dilakukan sesuai dengan kebutuhan tanaman dengan selalu menjaga keseimbangan ion yang berada di dalam dan di luar akar rambut.

Fungsi Rambut Akar Tumbuhan dalam Proses Penyerapan Air dan Hara Tanah
Gambar proses penyerapan air dan mineral nutrisi oleh akar rambut

Demikian pembahasan tentang fungsi rambut akar. Dari pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa walaupun ada akar akar, namun untuk proses penyerapan ubi masih dibutuhkan akar. Jika kita menarik atau membuang tanaman dari pot, maka bulu rambutnya yang terputus tidak terputus. Tapi jangan khawatir, karena akarnya akan tumbuh kembali dan menjalankan fungsinya.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar