--> Skip to main content

Contoh Surat Perintah Kerja/Tugas (SPK) Resmi Yang Baik Dan Benar

Contoh Surat Perintah Kerja - Dalam dunia kerja, terutama yang aktif di bidang administrasi perkantoran di suatu perusahaan atau instansi tentunya sering menggunakan perintah kerja saat mengirim pekerja untuk melakukan pekerjaan tertentu. Oleh karena itu, perintah dan tugas kerja dapat diartikan sebagai surat resmi perusahaan atau instansi yang bermaksud untuk memesan pekerjaan kepada karyawannya.

Dengan surat ini, penerima tugas harus bisa melaksanakan tugasnya sebaik-baiknya. Tidak hanya itu surat ini biasanya digunakan saat perusahaan mengirimkan karyawannya untuk melakukan tugas tertentu yang diminta oleh perusahaan. Selain dipandang sebagai perintah resmi, tatanan kerja ini juga merupakan alat untuk mengotorisasi selesainya pekerjaan. Misalnya, seseorang mendapat pekerjaan di luar kota atau ke cabang perusahaan yang berada di daerah lain sehingga orang tersebut memiliki wewenang untuk melakukan aktivitas yang notabenya bukan dari kantor yang sebelumnya pernah bekerja.
Contoh Surat Perintah Kerja

Tidak hanya itu, ternyata pesanan dan tugas kerja dikeluarkan untuk menugaskan karyawan, surat ini juga sering digunakan oleh perusahaan tertentu terhadap perusahaan yang bekerja sama. Untuk itu, pesanan kerja ini akan sedikit rumit jika dikaitkan dengan dua perusahaan dan agensi. Dalam rangka kerja atau tugas yang berkaitan dengan kerja sama ini harus membatasi syarat dan ketentuan di antara kedua belah pihak. Dalam hal ini pemberi perintah adalah pihak pertama yang kemudian pihak kedua adalah penerima perintah. Surat semacam ini harus mencakup beberapa ketentuan yang harus disepakati dan dilaksanakan bersama. Ketentuan berisi beberapa hal di set per poin sehingga lebih mudah memahaminya.

Istilah yang disertakan juga disertakan dengan waktu pengerjaan, pembayaran biaya, kompensasi dan kualitas pekerja. Oleh karena itu sebuah surat perintah yang melibatkan dua perusahaan dan bahkan badan-badan ini sering digunakan oleh perusahaan kontraktor maupun pengusaha perumahan.

Bagi Anda yang berencana menginstruksikan karyawan Anda untuk menyelesaikan urusan perusahaan yang berada di kantor dan cabang lepas pantai, berikut adalah contoh deskripsi pekerjaan atau tugas yang bisa Anda jadikan panduan untuk membuatnya.

Contoh Surat Perintah Kerja 1 

PT MAJU BERKEMBANG
Jl. Sindoro Sumbing No 67 Matraman, Jakarta Pusat
Telp. 021.89176, Fax. 826429265
Email: majuberkembang@yahoo.co.id
SURAT PERINTAH KERJA (SPK)
No: 5629/SPK-MB/67/2016
Yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama                          : Nur Zaki
No Induk                      : JK77895
Jabatan                        :Kepala Teknisi
Alamat                        : Jl. Pegangsaan Timur NO 78 Fatmawati Jakarta Selatan
Memberikan perintah kerja kepada :
Nama                          : Suherman
No Induk                      : JK72922
Jabatan                        : Teknisi
Alamat                        : Jl. Kemuning iNo 4 Pondok Gede Bekasi
Untuk melakukan perbaikan mesin produksi yang dikarenakan adanya gangguan dengan kriteria sebagai berikut :
1.
2
3
Demikianlah surat perintah ini dibuat dengan sebenar-benarnya sehingga dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dengan rasa penuh tanggung jawab.


Jakarta, 7 September 2016
PT. Maju Berkembanng 

TTD
Nur Zaki

Contoh Surat Perintah Kerja 2


SURAT PERINTAH KERJA
PT. MEKAR ABADI
Distributor Kayu Import
Jl. Kemerdekaan 3 Jakarta Pusat
Telp. 021 6572926

SURAT PERINTAH KERJA
Nomor : 52/MA/SKP/VVI

Dalam rangka memenuhi keperluan perusahaan, maka Direktur PT. Mekar Abadi memerintahkan kepada :
Nama                          : Erwina
Jabatan                        : Ketua Surveyor
Alamat                        : Jl. Fatmawati 4 Kalideres Cengkareng Jakarta Barat
Untuk melaksanakan pekerjaan sebagai penyurvei dengan ketentuan sebagai berikut :
1.
2.
3
Surat perintah ini di serahkan kepada yang bersangkutan untuk dapat di laksanakan sebagaimana mestinya. Jika pada suatu hari terdapat kekeliruan dalam surat perintah ini maka akan dilakukan perbaikan sebagaimana mestinya.

Demikian surat perintah tersebut di buat supaya dapat di laksanakan dengan sebaik-baiknya serta didasari dengan rasa tanggung jawab. Apabila di lapangan terdapat suatu kondisi di luar ketentuan dari surat ini maka hal tersebut bisa di bicarakan lebih lanjut.

Jakarta, 4 September 2016
TTD

Subakti
Direktur

Itu adalah beberapa contoh uraian tugas yang bisa Anda jadikan panduan untuk memesan karyawan Anda. Anda dapat menyesuaikannya seperti yang terjadi pada perusahaan Anda.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar