--> Skip to main content

Contoh Penulisan Daftar Riwayat Hidup Yang Baik dan Benar

Curriculum vitae (CV) adalah lampiran yang melengkapi setiap surat lamaran. Tujuannya adalah sebagai salah satu pertimbangan perusahaan untuk mengetahui profil dan kompetensi pemohon secara lebih rinci.Meskipun sebenarnya tidak ada aturan baku tentang cara penyusunannya namun terkadang masih banyak juga Contoh Daftar Aplikasi Resume adalah posting yang akan diberikan admin untuk Anda pada kesempatan ini. Biasanya admin berbagi informasi tentang lowongan kerja terbaru , namun pada kesempatan ini, karena mengingat jumlah pencarian di Google mengenai contoh contoh resume untuk melamar pekerjaan. 

Kemudian admin memutuskan untuk menjadikan postingan ini sebagai referensi tambahan bagi anda yang ingin melakukan resume. Jadi jika Anda memerlukan referensi dalam membuat contoh curriculum vitae ini, tetaplah di halaman ini karena admin disini akan membagikan berbagai contoh CV untuk aplikasi pekerjaan Anda, seperti katalog curriculum vitae tulisan tangan, contoh contoh resume sederhana, curriculum vitae bahasa Inggris, contoh curriculum vitae yang baik dan benar, contoh riwayat hidup terbaru dan menarik.


Gambar untuk Contoh Daftar Riwayat Hidup Lamaran Kerja



CV atau Curriculum Vitae adalah catatan atau dokumen yang menggambarkan diri seseorang secara singkat, latar belakang pendidikan, pengalaman seseorang dan kualifikasi lainnya. Dalam dunia kerja, keberadaan CV Aplikasi kerja ini sangat dibutuhkan, karena dengan adanya resume ini adalah perusahaan yang memegang rekrutmen karyawan dapat mengenali latar belakang pelamar.


Sekarang mendapatkan pekerjaan tidaklah mudah. Persaingan dunia kerja semakin meningkat bahkan bisa dikatakan sangat pesat, hal ini tentunya karena pertumbuhan jumlah pelamar yang tidak sebanding dengan jumlah lowongan pekerjaan yang ada. Karena itu, persiapan hati-hati adalah modal utama sehingga kita bisa bersaing dengan calon pelamar lainnya. Selain itu, pembuatan daftar resume yang bagus dan benar juga memainkan peran penting dalam melamar pekerjaan. CV lamaran kerja yang bagus, benar dan menarik tentunya bisa membuat perusahaan menganggap anda diterima di perusahaan. Lalu bagaimana cara membuat curriculum vitae yang baik?

Cara Membuat Curriculum Vitae

Pembuatan biografi yang baik dan benar pada dasarnya sangat mudah bila kita mengetahui struktur, komposisi atau bagian dari curriculum vitae itu sendiri. Tapi tidak sedikit orang yang kurang memperhatikan hal ini sehingga menghasilkan CV yang kurang bagus dan menarik. Kesalahan seperti ini biasanya disebabkan oleh hal sepele, karena kurangnya informasi atau memang belum pernah membuat resume lamaran resume. Tapi Anda tidak perlu berkecil hati, karena di halaman ini saya akan memberi anda beberapa tips bagaimana membuat aplikasi kerja cv yang bagus dan benar untuk anda sehingga bisa menghasilkan format curriculum vitae yang baik, benar, terkini dan menarik tentunya. Kiat untuk melanjutkan resume lamaran adalah sebagai berikut:

1. Pengaturan

Hal pertama yang paling penting untuk diperhatikan adalah komposisi atau struktur CV. Aplikasi pekerjaan yang baik cv memiliki struktur sebagai berikut:

o Data pribadi yang meliputi: nama, tempat tanggal lahir, jenis kelamin, kewarganegaraan, agama, status, alamat, nomor telepon dan email.
o Pendidikan mulai dari pendidikan formal mulai dari tingkat dasar sampai universitas dan dilanjutkan dengan pendidikan non formal seperti kursus atau pelatihan yang telah diikuti.
o Kemampuan. Jelaskan kemampuan yang Anda miliki, lebih baik jika kemampuan itu terkait dengan jenis pekerjaan yang Anda lamar.
o Pengalaman kerja. Jelaskan juga pengalaman kerja Anda dimulai dengan nama perusahaan, tahun kerja dan tahun kadaluarsa.
o Tempat dan tanggal pembuatan resume
o Nama yang dimaksud

2. Kejujuran

Hal pertama di atas tidak akan menjadi masalah jika Anda memasukkan hal-hal yang tidak sesuai dengan fakta. Misalnya, jika Anda tidak memiliki pengalaman kerja, maka jangan mencoba memasukkan pengalaman kerja sesekali, ini akan membuat Anda terjebak dengan perilaku Anda sendiri. Karena pada proses lanjutan biasanya perusahaan akan meminta surat pengalaman kerja.

3. Menulis

Terkadang sebuah perusahaan meminta calon pelamar untuk membuat aplikasi tulisan tangan cv. Maka Anda harus membuat cv dengan tulisan tangan, lebih baik jika Anda menulis sendiri. Tapi jika tidak ada permintaan khusus seperti itu, Anda bisa membuatnya diketik menggunakan MS Office Word dan gunakan font yang bisa digunakan untuk menulis surat resmi seperti Arial dan Times New Roman.

Saya pikir itu tiga hal yang penting diperhatikan oleh seseorang yang ingin membuat resume yang baik dan jujur. Dengan membuat aplikasi pekerjaan yang baik tentunya akan membuka peluang besar bagi calon pelamar untuk bisa diterima di perusahaan tempat dia melamar. Sangat mudah untuk membuka resume resume lamaran? Tapi kalau masih bingung, mari kita simak beberapa contoh di bawah ini.

Contoh Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

DATA PRIBADI

Nama Lengkap            : Suhardi
Tempat, Tanggal Lahir  : Banda Aceh, 20 Januari 1989
Jenis Kelamin              : Laki-Laki
Kewarganegaraan        : Indonesia
Agama                        : Islam
Status                         : Belum Menikah
Alamat                        : Jln. Lampoh Raya No. 45 Banda Aceh
No. Telpon                  : 0852 6078 9867
Email                          : suhardi89@gmail.com

PENDIDIKAN FORMAL

1. SD Negeri 1 Banda Aceh   : Tahun 1996 - 2002
2. SMP Negeri 1 Banda Aceh : Tahun 2002 - 2005
3. SMA Negeri 1 Banda Aceh : Tahun 2005 - 2008
4. S1 Fakultas Tehnik Universitas Syiah Kuala Banda Aceh : Tahun 2008 - 2012

PENDIDIKAN INFORMAL

1. Kursus Komputer di Banda Aceh : Tahun 2009
2. Kursus Programing di banda ACeh : Tahun 2010
2. Expert Language English di Banda Aceh : Tahun 2011

RIWAYAT PEKERJAAN

1. Maintenance di PT. Lestari Indah, Medan : Tahun 2012 - 2014

Demikian  daftar riwayat hidup ini saya buat dengan sebenarnya.

Banda Aceh, 27 Oktober 2016

Suhardi


Contoh Daftar Riwayat Hidup Sederhana

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

DATA PRIBADI

Nama Lengkap            : Ayu Santika
Tempat, Tanggal Lahir  : Banda Aceh, 11 Maret 1990
Jenis Kelamin              : Perempuan
Agama                        : Islam
Kewarganegaraan        : Indonesia
Status                        : Belum Menikah
Alamat                       : Jln. Merduati No. 33 Banda Aceh
No. Telpon                 : 0852 6056 6579
Email                         : ayusantika90@gmail.com

PENDIDIKAN FORMAL

1. Tahun 1997 - 2003 : SD Negeri 1 Banda Aceh
2. Tahun 2003 - 2006 : SMP Negeri 1 Banda Aceh
3. Tahun 2006 - 2009 : SMA Negeri 1 Banda Aceh
4. Tahun 2009 - 2013 : S1 Fakultas Ekonomi Akutansi Universitas Syiah Kuala Banda Aceh

PENDIDIKAN INFORMAL

1. Tahun 2010 : Kursus Komputer di Banda Aceh
2. Tahun 2011 : Kursus Pajak (Brevet A & B) di Banda Aceh
3. Tahun 2012 : Kursus Bahasa Inggris di Banda Aceh

KEMAMPUAN

1. Kemampuan Akuntansi (Accounting) yang meliputi Journal printing & Calculation, Project Data Updating, Ledger, Teller, Salary Calculation, Inventory Controls, Petty Cash Payroll & Calculation.
2. Kemampuan Komputer (Internet, MS Word, MS PowerPoint, MS Excel, MS Access dan MS Outlook)
3. Sistem Perpajakan

RIWAYAT PEKERJAAN

o Belum Pernah Bekerja

Demikian  daftar riwayat hidup ini saya buat dengan sebenarnya.

Banda Aceh, 28 Oktober 2016

Ayu Santika

Contoh Daftar Riwayat Hidup Bahasa Inggris

CURRICULUM VITAE (CV)

Personal Data

1. Full Name              : Muliani
2. Place Date of Birth : Banda Aceh, 14 Oktober 1993
3. Gender                  : Female
4. Marital Status         : Not Married
5. Last Education       : Universitas Syiah Kuala Of Banda Aceh
6. Address                : Jln. Sudirman No.32 Banda Aceh
7. No. Mobile            : 0813 5000 2300

Formal Education

1. (2000-2006) graduated from SD 1 Banda Aceh
2. (2006-2008) graduated from SMP 1 Banda Aceh
3. (2008-2010) graduated from SMAN 1 Banda Aceh
4. (2010-2015) graduated from Universitas Syiah Kuala Banda Aceh

Non Formal Education

1. (2011) Computer Course in Banda Aceh
2. 92012) English course in Banda Aceh

Ability

1. I can use a computer (MS Excel, MS Word, MS Power point)
Similarity, the resume I created with truth and truth can be accounted for.


(Muliani)
Begitulah 3 contoh aplikasi resume yang bisa saya bagikan untuk Anda dalam acara bahagia ini. Data yang tercantum dalam tiga contoh cv di atas adalah fiktif, jadi tolong sesuaikan diri anda. Semoga curriculum vitae ini bisa menjadi rujukan bagi anda sehingga bisa membantu anda dalam melakukan lamaran kerja CV. Tolong sampaikan dan bagikan pos ini ke rekan kami yang lain jika posting ini dianggap bermanfaat. Jika diperlukan, silahkan lihat juga contoh surat lamaran kerja di hotel, mungkin juga berguna untuk anda. Terima kasih telah mengunjungi dan menyapa kesuksesan
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar