--> Skip to main content

Ciri Ciri Penyerbukan Sendiri Tetangga Silang Bastar dan Contohnya

Karakteristik Ciri Ciri Penyerbukan Sendiri - Berdasarkan asal serbuk sari, proses penyerbukan pada tanaman dapat dibagi menjadi 4 jenis, yaitu penyerbukan sendiri, penyerbukan tetangga, penyerbukan silang, dan penyerbukan bastar.

  1. Penyerbukan itu sendiri adalah penyerbukan pada bunga yang serbuk sarinya berasal dari bunga itu sendiri.
  2. Penyerbukan tetangga adalah penyerbukan bahwa serbuk sari berasal dari bunga lain tetapi pada pohon yang sama.
  3. Penyerbukan silang adalah penyerbukan serbuk sari yang berasal dari bunga tumbling lainnya.
  4. Penyerbukan Bastar adalah penyerbukan serbuk sari yang berasal dari bunga tanaman lain dari berbagai jenis.


Nah, pada artikel ini kita akan membahas tentang karakteristik penyerbukan sendiri dan tiga jenis penyerbukan lainnya.

Ciri Ciri Penyerbukan Sendiri Tetangga Silang Bastar dan Contohnya


Ciri Ciri Penyerbukan Sendiri
Ada beberapa karakteristik karakteristik penyerbukan sendiri yang membedakan jenis penyerbukan ini dengan jenis lainnya. Inilah ciri-ciri ini.

Karakteristik Penyerbukan Sendiri

1. Jatuhnya serbuk sari di stigma kepala bunga itu sendiri
Sesuai dengan maknanya, karakteristik penyerbukan itu sendiri ditandai dengan jatuhnya serbuk sari dari bunga itu sendiri. Penyerbukan bisa terjadi dengan bantuan angin (anemogami), manusia (anthropogami), dengan bantuan hewan (zoidiogami), atau dengan bantuan air (hydrogami).

2. Terjadi hanya pada bunga hermaprodit
Karena pistil dibuahi oleh serbuk sari yang berasal dari bunga itu sendiri, penyerbukan sendiri tentu saja hanya terjadi pada tanaman dengan bunga hermaprodit. Bunga hermaprodit adalah bunga yang memiliki 2 alat kelamin penuh, jantan dan betina dalam satu bunga duduk. Contoh bunga hermaprodit seperti bunga kembang sepatu, bunga padi, bunga tanaman buah naga dan lain sebagainya.

3. Tidak menghasilkan variasi keturunan
Ciri karakteristik terakhir dari penyerbukan adalah bahwa hasil penyerbukan tidak menghasilkan variasi keturunan. Jenis kelamin laki-laki dan perempuan berasal dari satu tanaman saja, oleh karena itu tidak ada warisan dari sifat-sifat yang berbeda seperti penyerbukan silang atau penyerbukan bastar.

Nah, itulah beberapa karakteristik karakteristik penyerbukan sendiri yang bisa kita sampaikan. Mudah-mudahan bisa dimengerti dengan mudah. Dan jangan lupa baca artikel selanjutnya lebih lengkap tentang jenis penyerbukan dan gambarnya. Salam.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar