Cara Menggunakan Neraca Ohaus dan Bagian-Bagiannya

Contoh Surat Bisnis, Surat Dinas, Surat Izin, Surat Kuasa, Surat Lamaran Kerja, Surat Pemberitahuan, Surat Penawaran, Surat Pengunduran Diri, Surat Peringatan, Surat Perjanjian, Surat Pernyataan, Surat Resmi, Surat Undangan

Cara Menggunakan Neraca Ohaus dan Bagian-Bagiannya

Cara Menggunakan Neraca Ohaus dan Bagian-Bagiannya - Apakah Anda tahu apa itu neraca ohaus? Neraca ohaus adalah neraca yang digunakan untuk mengetahui atau menimbang massa suatu benda dalam praktik laboratorium. Neraca Ohaus sering digunakan dalam pengukuran laboratorium karena dianggap memiliki tingkat akurasi yang tinggi, yaitu sekitar 0,1 gram. Adapun, meski banyak dari kita tahu apa fungsi neraca ohaus, tapi tidak sedikit dari kita yang bingung dan kikuk saat harus mempraktikkan cara menggunakannya. Karena itu, pada kesempatan ini saya akan membahas tentang cara menggunakan neraca ohaus dengan benar sesuai aturan dan prinsip kerja. Tolong didengarkan!

Cara Menggunakan Neraca Ohaus
Sebelum membahas bagaimana menggunakan neraca ohaus, pertama mari kita pahami jenis neraca ohaus yang umumnya ada di laboratorium.

Berdasarkan jumlah senjata, keseimbangan ohaus dibagi menjadi 3 jenis, yaitu keseimbangan 2-arm ohaus, saldo 3-arm oher, dan keseimbangan 4-arm oher. Meski jumlah senjata berbeda, namun prinsip kerja dan bagaimana menggunakan ketiga jenis neraca ohaus ini tetap sama.

Cara Menggunakan Neraca Ohaus
Cara Menggunakan Neraca Ohaus

Kemudian, setelah mengetahui jenisnya, mari kita pahami bagian neraca ohaus sehingga Anda tidak akan bingung mengikuti panduan bagaimana menggunakan neraca ohaus yang akan saya serahkan nanti.

Setidaknya ada 5 bagian utama neraca ohaus yang harus ada di setiap jenis neraca ohaus. Kelima bagian ini adalah:
  1. Tempat Beban, tempat itu digunakan untuk menempatkan objek yang akan diukur.
  2. Kunci kalibrasi Merupakan tombol atau tombol yang digunakan untuk mengkalibrasi neraca ohaus saat saldo akan digunakan.
  3. Saldo lengan Merupakan lengan yang terdiri dari skala dengan ukuran tertentu. jumlah lengan di neraca bisa 2, 3, atau 4. Masing-masing lengan menunjukkan skala dan unit yang berbeda.
  4. Berat (anting). Adalah logam yang menggantung di lengan. Berfungsi sebagai penunjuk hasil pengukuran. Ini bisa digeser dan masing-masing lengan dari neraca memiliki itu.
  5. Garis ekuilibrium Juga disebut Point 0. Ini digunakan untuk menentukan titik ekuilibrium dalam proses penimbangan.


Nah, setelah mengetahui apa bagian neraca ohaus, maka kita membahas bagaimana menggunakan neraca ohaus dengan benar.

1. Cara Mengkalibrasi
Sebelum menimbang, neraca ohaus pertama kali harus dikalibrasi sehingga hasil penimbangannya akan akurat. Untuk mengkalibrasi, pertama-tama letakkan semua anting-anting di neraca pada titik terendah dari skala yang ditunjukkan. Kemudian putar kunci sekrup atau kalibrasi yang terletak di bawah beban. Putar sekrup sampai keseimbangan mencapai garis ekuilibrium (titik 0). Setelah itu, neraca ohaus siap digunakan.

2. Mode penimbangan
Cara menggunakan neraca ohaus dimulai dengan menempatkan beban yang ingin Anda ketahui massa (ditimbang) ke dalam wadah beban. Setelah itu, geser anting pada lengan yang menunjukkan skala terbesar sampai garis ekuilibrium hampir tercapai.

Jika garis ekuilibrium belum tercapai, geser anting pada lengan yang menunjukkan skala yang lebih kecil sampai garis ekuilibrium tercapai. Dan jika tidak, lakukan hal yang sama pada anting-anting di lengan berikutnya sampai titik keseimbangan benar-benar tercapai. [Baca Juga: Cara Menggunakan Screw Micrometer]

3. Cara Membaca Skala Hasil Beratnya
Setelah titik keseimbangan tercapai, maka Anda hanya membaca skala hasil penimbangan untuk mengetahui berapa banyak benda yang ditimbang. Misalnya perhatikan gambar di bawah ini!
Cara Menggunakan Neraca Ohaus dan Bagian-bagiannya
Cara Menggunakan Neraca Ohaus dan Bagiannya

Pada gambar di atas, kita dapat melihat bahwa lengan pertama menunjukkan skala 400 gram, lengan kedua menunjukkan skala 50 gram, dan lengan ketiga menunjukkan skala 6,5 ​​gram. Dari skala yang ditunjukkan oleh ketiga lengan tersebut, kita dapat mengetahui massa benda dengan menjumlahkan semua sisik yang ditunjukkan oleh masing-masing lengan, yaitu 400 gr + 50 gr + 6,5 gr = 456,5 gr. Selesai

Itulah paparan yang dapat kami ketahui tentang bagaimana menggunakan neraca ohaus dengan ulasan jenis dan bagian yang terdapat dalam neraca ini. semoga mudah dipahami dan bisa membantu anda dalam melaksanakan lab. Salam.

0 komentar: