5 Faktor yang Mempengaruhi Laju Reaksi + Kurvanya Dan Contohnya

Contoh Surat Bisnis, Surat Dinas, Surat Izin, Surat Kuasa, Surat Lamaran Kerja, Surat Pemberitahuan, Surat Penawaran, Surat Pengunduran Diri, Surat Peringatan, Surat Perjanjian, Surat Pernyataan, Surat Resmi, Surat Undangan

5 Faktor yang Mempengaruhi Laju Reaksi + Kurvanya Dan Contohnya

Kecepatan atau laju reaksi kimia bisa diperlambat atau dipercepat karena beberapa faktor yang mempengaruhinya. Faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi kimia itu sendiri adalah 5, di antaranya adalah pengaruh suhu, pengaruh konsentrasi, pengaruh luas permukaan, pengaruh tekanan, dan pengaruh katalis. Disini di artikel ini kita akan membahas kelima faktor ini lengkap dengan ilustrasi grafis. Tolong didengarkan dan dimengerti!

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tingkat Reaksi

1. Pengaruh Suhu Terhadap Tingkat Reaksi
Hampir semua reaksi kimia akan memiliki tingkat yang lebih cepat pada suhu atau suhu yang lebih tinggi. Kecepatan laju reaksi kimia sebanding dengan besarnya suhu reaksi.

Faktor yang Mempengaruhi Laju Reaksi

Pengaruh suhu terhadap laju reaksi dapat terjadi karena kenaikan suhu akan meningkatkan jumlah energi kinetik setiap bagian zat reaksi. Kenaikan energi kinetik ini membuat partikel bergerak lebih cepat sehingga tabrakan antar partikel juga akan lebih efektif, lebih sering, dan lebih cepat.

Dari beberapa penelitian dan uji coba diketahui bahwa setiap kenaikan suhu sebanyak 10 derajat celcius maka akan terjadi peningkatan laju reaksi 2 kali lipat.

2. Pengaruh Konsentrasi Terhadap Tingkat Reaksi
Selain suhu, konsentrasi reagen juga merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi laju reaksi. Diketahui bahwa secara umum, semakin besar konsentrasi zat reaksi semakin besar laju atau laju reaksi.

Pengaruh konsentrasi terhadap laju reaksi dapat terjadi karena peningkatan konsentrasi akan meningkatkan jumlah partikel zat yang bereaksi sehingga kemungkinan tumbukan antar partikel juga menjadi lebih besar.

3. Pengaruh Tekanan pada Tingkat Reaksi
Beberapa reaksi ada yang melibatkan reaktan dalam bentuk gas. Dalam reaksi seperti itu, tekanan juga merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi laju reaksi. Tekanan yang lebih besar, akan membuat volume reagen lebih kecil dan membuat konsentrasi reagen menjadi lebih besar. Seperti diketahui, konsentrasi zat reagen yang lebih besar akan membuat laju reaksi berjalan lebih cepat.

4. Pengaruh Luas Permukaan terhadap Tingkat Reaksi
Area permukaan yang disentuh juga merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi laju reaksi. Semakin lebar permukaan sentuh, laju reaksi akan berjalan lebih cepat. Ini karena area permukaan yang lebih banyak akan membuat tabrakan yang terjadi dalam reaksinya akan lebih banyak dalam satuan waktu.

Pengaruh luas permukaan sentuh terhadap laju reaksi dapat dibuktikan dengan percobaan sederhana. Jika kita merebus volume air yang sama dan suhu yang sama tetapi dalam wadah dari daerah yang berbeda maka kecepatan mendidih air akan berbeda. Air yang direbus dalam wadah dengan penampang lebar pasti akan mendidih lebih awal dari air matang dalam wadah dengan penampang melintang sempit.

5. Pengaruh Katalis terhadap Laju Reaksi
Katalis atau katalis adalah zat yang dapat mempercepat reaksi dengan menggabungkan reaksi itu sendiri tanpa mengalami perubahan. Katalis berperan dalam proses reaksi tapi bukan sebagai produk atau sebagai reagen.

Semakin besar jumlah katalis dalam reaksi semakin besar laju reaksi. Hal ini karena katalis mampu menurunkan energi aktivasi pada zat reaksi yang menyebabkan reaktan bergerak dan membuat tumbukan dengan cepat.

Contoh katalis dapat dengan mudah ditemukan di sekitar lingkungan kita. Enzim pencernaan yang ada di tubuh kita, misalnya, juga merupakan contoh katalis kompleks yang dapat mempercepat laju reaksi pencernaan makanan dalam tubuh kita. Untuk mengetahui fungsi enzim sebagai biokatalis dalam mempercepat reaksi biokimia di tubuh kita silahkan baca artikel ini.

Nah, itulah penjelasan yang bisa kita sampaikan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi. Semoga penjelasan ini bisa dengan mudah dipahami dan membantu kesulitan Anda dalam belajar. Jika ada sesuatu yang sulit dipahami, tolong sampaikan pertanyaan Anda melalui kolom komentar di bawah ini.

0 komentar: