--> Skip to main content

24 Contoh Rantai Makanan dari Berbagai Ekosistem, Gambar, dan Penjelasannya

CONTOH RANTAI MAKANAN - Interaksi antara makhluk hidup yang terjadi di ekosistem sangat banyak. Salah satu kejadian yang paling sering terjadi adalah interaksi antara makan dan makan antara makhluk hidup yang kita kenal dalam hal rantai makanan. Jika makan dan memakannya, sebenarnya telah terjadi proses transfer energi antar tingkat organisme dari tingkat trofik rendah ke tingkat trofik yang tinggi. Oleh karena itu, dalam hal ini rantai makanan sering didefinisikan sebagai proses pergerakan energi makanan yang bergerak secara linear dari organisme produsen ke konsumen puncak.

Nah, dalam artikel ini kita akan membahas lebih dalam tentang apa yang dimaksud dengan rantai makanan yang lengkap beserta contoh rantai makanan yang ada di beberapa ekosistem. Tolong didengarkan!

Contoh Rantai Makanan
Contoh rantai makanan nyata dapat dengan mudah ditemukan, bahkan di sekitar rumah kita. Misalnya, rumput yang tumbuh liar di halaman rumah dimakan oleh serangga, serangga dimakan oleh ayam, maka ayamnya dibantai dan dimakan oleh kita sebagai konsumen akhir, dan sebagainya.
24 Contoh Rantai Makanan dari Berbagai Ekosistem, Gambar, dan Penjelasannya
Contoh Rantai Makanan

Meski begitu, rantai makanan juga tidak hanya terjadi di sekitar halaman rumah kita. Rantai makanan juga terjadi di semua ekosistem di bumi ini. Berikut adalah contoh rantai makanan dari berbagai ekosistem lengkap dengan gambar yang akan kita bahas satu persatu.

1. Rantai Makanan di Sawah
Pertama, mari kita bahas contoh rantai makanan di ekosistem lahan basah. Sawah merupakan ekosistem buatan yang terdiri dari organisme yang hampir homogen di semua tingkat trofik. Dalam ekosistem ini, tanaman padi dan rumput menjadi organisme atau produsen autotrofik yang bisa membuat makanan sendiri melalui proses fotosintesis. Oleh karena itu, kedua organisme ini merupakan tingkat trofik terendah dalam rantai makanan di sawah. Inilah contohnya.
Energi surya - Beras - Burung bibit - Ular padi - Elang - pengurai
Energi surya - Rumput - Serangga - Tikus - Ular padi - pengurai
Energi surya - Beras - Tikus - Elang - Pengurai
Energi surya - Beras - Serangga - Katak - Ular padi - Elang - pengurai
Energi surya - Beras - siput mas - Kodok - Ikan - Ular padi - pengurai

2. Rantai Makanan di Ekosistem Laut
Laut adalah ekosistem perairan yang paling luas di dunia. Karena itu, banyak makhluk hidup menjadikan laut sebagai habitatnya. Begitu banyak makhluk hidup yang hidup di laut membuat di ekosistem laut ada jaring makanan yang kompleks. Namun, dalam hal organisme yang menjadi produsen di ekosistem ini umumnya sama, yaitu alga dan fitoplankton. Nah, berikut ini adalah contoh rantai makanan di laut yang telah kita susun.
Energi matahari - ganggang - ikan kecil - ikan besar - hiu - pengurai
Energi surya - fitoplankton - ikan kecil - crane - ular laut - pengurai
Energi surya - fitoplankton - udang - ikan - singa laut - hiu - pengurai

3. Rantai Makanan Di Sungai
Sungai tersebut disebut ekosistem perairan teratai atau ekosistem perairan yang mengalir. Di sungai, organisme yang berperan sebagai penghasil ganggang umumnya bisa melakukan fotosintesis dengan bantuan sinar matahari. Berikut adalah beberapa contoh rantai makanan di sungai.
Energi surya - ganggang - ikan - bangau - buaya - pengurai
Energi matahari - alga - ikan - beruang - pengurai

4. Rantai Makanan di Hutan
Ekosistem hutan meliputi ekosistem alami yang memiliki keanekaragaman hayati tinggi. Oleh karena itu, rantai makanan di ekosistem hutan juga tergolong rantai yang kompleks. Inilah contoh rantai makanan di ekosistem hutan yang bisa kita kompilasi.
Energi surya - rumput - kelinci - ular - elang - pengurai
Energi surya - tanaman - tikus - ular - elang - pengurai
Energi surya - rumput - kambing - harimau - pengurai

5. Rantai Makanan di Danau
Danau ini mencakup ekosistem laut yang terbentuk secara alami. Meski begitu, ada danau buatan yang biasa disebut istilah reservoir. Contoh rantai makanan berikut di danau menggambarkan peran besar fitoplankton dalam mendukung kehidupan organisme di ekosistem danau.
Energi surya - fitoplankton - zooplankton - capung larva - ikan - bangau - pengurai
Energi surya - fitoplankton - ikan - ular - elang - pengurai

6. Rantai Makanan di Ekosistem Gurun
Suhu udara dan ketersediaan air yang sangat kecil di ekosistem padang pasir membuat keterbatasan jumlah organisme yang bisa bertahan di sana. Namun, beberapa tanaman xerophytes atau tanaman yang dapat bertahan hidup dengan sedikit ketersediaan air masih bisa menjadi penghasil untuk kelangsungan hidup organisme padang pasir. Beberapa contoh rantai makanan di ekosistem gurun berikut menggambarkan peran penting xerophyt ini.
Energi matahari - rumput - Cottontail kelinci - rubah kit - coyote - pengurai
Energi surya - rumput - kelinci - ular - elang - pengurai

7. Rantai Makanan di Ekosistem Taman
Ekosistem taman adalah ekosistem buatan. Karena itu, keragaman makhluk hidup di ekosistem ini rendah. Beberapa contoh rantai makanan di kebun telah disajikan sebagai berikut.
Energi surya - bunga - ulat - burung pipit - elang - pengurai
Energi surya - sawi - ulat - burung - kucing - pengurai

8. Rantai Makanan di Ekosistem Tambak
Sama seperti ekosistem taman, ekosistem kolam juga termasuk ekosistem yang sengaja dibuat oleh manusia. Peran fitoplankton dan alga dalam rantai makanan di ekosistem ini sangat tinggi. Buktinya bisa dilihat pada bagan berikut.
Energi surya - pitoplankton - ikan - bangau - pengurai
Energi matahari - alga - ikan - ular - elang - pengurai

9. Rantai Makanan di Ekosistem Rawa
Rawa merupakan daerah yang secara musiman atau permanen selalu tergenang air. Ekosistem rawa biasanya dapat ditemukan di daerah yang dekat dengan laut. Contoh rantai makanan di ekosistem rawa adalah:
Energi matahari - alga - ikan - kucing - pengurai
Energi surya - ganggang - ikan - bangau - pengurai

10. Rantai Makanan Dalam Ekosistem Savana
Ekosistem Savana atau padang rumput adalah ekosistem yang umumnya terbentuk di iklim tropis atau subtropis dengan curah hujan yang berkisar antara 25 sampai 30 cm per tahun. Dihuni oleh banyak rumput, ekosistem ini adalah tempat yang paling nyaman untuk herbivora. Herbovore yang berkumpul di sana membuat karnivora tiba untuk memangsa mereka. Berikut ini adalah contoh siklus makanan yang terjadi siklus di ekosistem sabana.

Energi surya - rumput - zebra - singa - pengurai
Energi surya - rumput - domba - serigala - pengurai

Nah, begitulah beberapa contoh rantai makanan di beberapa ekosistem lengkap dengan gambar. Semoga kita bisa menambahkan wawasan dan pengetahuan tentang proses interaksi yang terjadi di ekosistem. Semoga bermanfaat
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar