--> Skip to main content

15 Contoh Rantai Makanan Di Laut, Gambar, dan Penjelasannya

Ekosistem laut adalah ekosistem alami yang sangat luas. Karena luasnya, ekosistem ini terbagi menjadi beberapa sub-ekosistem, baik berdasarkan kedalamannya atau berdasarkan jaraknya dari pantai. Karena begitu banyak, ekosistem laut memiliki keanekaragaman hayati yang sangat tinggi, terutama untuk ekosistem laut yang masih belum tercemar. Nah, terkait dengan ekosistem laut dan keanekaragaman hayati, pada kesempatan ini kita akan memberikan diskusi tentang contoh rantai makanan di laut sebagai tambahan pengetahuan untuk semua adik kandung. Tolong didengarkan!

Rantai Makanan Di Laut
Rantai makanan adalah proses makan dan dimakan yang terjadi antara makhluk hidup secara linier mengikuti tingkat trofik tertentu. Rantai makanan juga bisa diartikan sebagai perpindahan energi biokimia antar makhluk hidup melalui interaksi makan dan makan.

Contoh Rantai Makanan Di Laut dan Gambarnya


Di ekosistem laut, ada banyak makhluk hidup yang memangsa satu sama lain. Sedangkan untuk organisme yang bertindak sebagai produsen atau organisme yang hidup tanpa mangsa namun memperoleh makanan dengan membuat sendiri beberapa diantaranya adalah alga dan fitoplankton. Nah, inilah contoh rantai makanan di laut dengan kedua organisme sebagai produsen.

1. Energi matahari - alga - ikan kecil - ikan besar - hiu - pengurai

Contoh rantai makanan laut berikut adalah contoh yang terjadi pada ekosistem laut dalam. Alga yang hidup dengan sedikit sinar matahari mampu menghasilkan makanan untuk pertumbuhannya. Alga kemudian dimakan oleh ikan kecil, lalu ikan kecil dimakan ikan besar. Tak lama kemudian, ikan besar akan dimakan ikan hiu yang menjadi organisme tingkat trofik tertinggi. Setelah hiu mati, ia akan membusuk dari yang diurai oleh detritivor laut. 

2. Energi matahari - fitoplankton - ikan kecil - burung bangau - ular laut - pengurai

Contoh rantai makanan laut berikut adalah contoh yang terjadi di sekitar ekosistem muara, hutan mangrove, dan daerah pesisir. Dalam rantai makanan ini, fitoplankton bertindak sebagai organisme autotropik. Phytoplankton mengubah energi matahari menjadi substrat organik yang digunakan untuk pertumbuhannya. Fitoplantons kemudian dimakan oleh ikan kecil, kemudian ikan kecil dimakan oleh derek. Derek tidak bertindak sebagai organisme tingkat trofik tertinggi karena bisa dimakan ular laut.

3. Energi surya - fitoplankton - udang - ikan - singa laut - hiu - Pengurai

Contoh lebih lanjut dari hal berikut juga terjadi di sekitar ekosistem laut dangkal. Fitoplanton bertindak sebagai organisme produktif yang dimakan oleh udang, udang yang dimakan ikan, ikan yang dimakan singa laut, dan singa laut yang dimakan ikan hiu. Hiu bertindak sebagai pemangsa tingkat tinggi dan membusuk setelah kematian dan pembusukan oleh detritivor.

4. Energi matahari - alga - kepiting - pelikan - manusia

Contoh terakhir adalah rantai makanan yang diawali dengan alga sebagai organisme penghasil. Alga dimakan oleh kepiting, kepiting dimakan oleh pelikan, dan pelikan dimakan oleh manusia. Manusia dalam hal ini bertindak sebagai organisme tingkat trofi tertinggi.

Nah, itulah beberapa contoh rantai makanan di laut beserta uraian dan gambarnya. Rantai makanan ini bila digabungkan dan dihubungkan bersama akan menjadi jaring makanan. Bisakah Anda menghubungkan semua rantai makanan di atas? Silahkan coba
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar