--> Skip to main content

11 Contoh Rantai Makanan Di Sungai, Gambar dan Penjelasannya

Ekosistem sungai adalah ekosistem perairan yang memiliki beberapa karakteristik khusus, antara lain air terus mengalir dari hulu ke hilir, perubahan kondisi fisik dan kimia terus berlanjut, dan memiliki tanaman dan hewan yang mampu beradaptasi di bawah kondisi air yang mengalir.

Di ekosistem sungai, ada proses interaksi yang terjadi antar komponen ekosistem. Salah satunya adalah interaksi antara makan dan makan antara komponen biotik dalam satu rantai makanan. Nah, dalam kesempatan artikel ini kita akan mengulas beberapa contoh rantai makanan di sungai lengkap dengan gambar. Tolong didengarkan!

Rantai Makanan Di Sungai
Sebelum membahas tentang apa rantai makanan yang terjadi di ekosistem sungai, pertama mari kita tinjau apa rantai makanan itu.
Rantai Makanan Di Sungai
Rantai Makanan Di Sungai

Rantai makanan adalah proses transfer energi makanan yang terjadi dari sumber daya tanaman ke organisme pada tingkat makan dengan tingkat trofik meningkat. Rantai makanan adalah bagian dari jaring makanan dengan organisme autotropik seperti tanaman hijau sebagai awalan.

Di ekosistem sungai, peran organisme autotrofik tidak hanya diambil alih oleh tanaman hijau tingkat tinggi. Berbagai jenis ganggang dan fitoplankton juga berperan sebagai organisme autotrofik yang bisa menghasilkan makanan sendiri. Berikut adalah contoh rantai makanan di sungai yang sering terjadi.



1. Energi matahari - alga – ikan sepat - burung bangau - buaya - pengurai

Contoh rantai makanan pertama di sungai, kita mulai dari alga yang memberi makan dirinya dengan fotosintesis. Alga dimakan ikan, sedangkan ikan dimakan oleh bangau. Heron saat berkerumun kadang-kadang dimakan oleh buaya predator yang menjadi hewan dengan tingkat trofik tertinggi dalam rantai. Buaya tidak diprediksikan oleh organisme lain, namun bila mati maka akan dimakan atau didekomposisi oleh organisme detritivor. 

2. Energi matahari - alga – ikan salmon - beruang - pengurai

Contoh rantai makanan berikut di sungai hanya terjadi di daerah dengan iklim sub tropis. Alga yang menjadi produsen dimakan oleh salmon. Salmon adalah ikan dengan nutrisi tinggi dan merupakan mangsa bagi beruang. Beruang menangkap salmon dengan tangannya sendiri dan memakannya. Dalam hal ini beruang bertindak sebagai karnivora dengan tingkat trofik tertinggi karena tidak ada organisme lain yang bisa memprediksinya.

3. Energi matahari - fitoplankton – keong mas – ikan mas - manusia – pengurai

Contoh lebih lanjut fitoplankton yang menghasilkan energi makanan dengan fotosintesis diprediksi oleh siput keemasan. Bekicot emas saat mereproduksi telurnya menjadi makanan bagi ikan mas. Sementara ikan mas akan tertangkap manusia sebagai makanannya. Dalam kasus ini, manusia adalah organisme tingkat trofik tertinggi dalam contoh rantai makanan di sungai.

4. Energi matahari - fitoplankton – yuyu – burung bangau - pengurai

Contoh terakhir dalam rantai makanan di sungai adalah yuyu atau kepiting tanah yang memakan fitoplankton. Yuyu kemudian dimakan oleh bangau. Sementara crane dimakan oleh buaya. Buaya kembali bertindak sebagai pemangsa tertinggi dalam rantai ini.

Nah, begitulah beberapa contoh rantai makanan di sungai beserta penjelasan dan gambarnya. Semoga bermanfaat dan dapat meningkatkan pengetahuan kita tentang semua rantai makanan dan proses interaksi antara komponen biotik dalam ekosistem. Semoga bermanfaat
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar