--> Skip to main content

10 Urutan Tingkat Organisasi Kehidupan Dan Contoh dalam Objek Kajian Biologi

Tingkat Organisasi Kehidupan dalam Objek Kajian Biologi - Biologi adalah studi tentang segala sesuatu tentang makhluk hidup dan kehidupan. Kehidupan setiap makhluk hidup dipelajari dengan seksama melalui pemahaman tentang tingkat organisasi terstruktur. Sedangkan untuk pembelajaran biologi, struktur tingkat organisasi universal telah dikembangkan di seluruh dunia. Disini kita akan membahas struktur tingkat hidup organisasi dari yang terendah sampai yang tertinggi lengkap dengan penjelasannya. Tolong didengarkan!

Tingkat Organisasi Kehidupan

Struktur organisasi kehidupan yang telah disiapkan oleh ahli biologi mengenali 10 tingkat. Tingkat terendah dimulai dengan molekul, diikuti oleh sel, jaringan, organ tubuh, sistem organ, individu, populasi, komunitas, ekosistem, dan biomassa.
Tingkat Organisasi Kehidupan


Tingkat Organisasi Kehidupan

1. Tingkat Molekul
Setiap inti sel dari organ hidup mengandung molekul organik yang berperan dalam mengendalikan struktur dan fungsi sel. Inti sel juga membawa catatan informasi genetik yang bisa diturunkan melalui proses reproduksi sel. Molekul organik adalah DNA (deoxyribonucleic acid deoxyribonucleic acid) dan RNA (ribonucleic acid ribonucleic acid). Keduanya berperan sebagai pengatur sintesis protein yang terjadi di dalam sel.

2. Tingkat sel

Sel adalah satuan kehidupan terkecil. Berdasarkan jumlah sel penyusun, kita mengenali makhluk hidup dapat dibagi menjadi 2 jenis, yaitu makhluk hidup uniseluler (terdiri dari satu sel) dan makhluk hidup multiseluler (terdiri dari banyak sel). Beberapa contoh makhluk hidup uniseluler seperti protozoa, bakteri, dan ganggang. Mereka melakukan metabolisme mereka dalam satu sel. Sementara makhluk hidup multiseluler, seperti tumbuhan dan hewan disusun oleh banyak sel sehingga masing-masing memiliki bentuk dan fungsi yang berbeda.

3. Tingkat Jaringan
Jaringan adalah sekelompok sel yang memiliki bentuk dan fungsi yang sama. Badan hewan misalnya terdiri dari berbagai jenis jaringan seperti jaringan otot, jaringan darah, atau jaringan epidermis. Contoh makhluk hidup berada pada tingkat kehidupan organisasi jaringan misalnya Porifera dan Coelenterata. Keduanya memiliki lapisan sel pembentuk tubuh (diploblastik), yaitu lapisan luar (ektoderm) dan lapisan terdalam (endoderm).

4. Tingkat Organ
Di tingkat organisasi kehidupan, organ dianggap sebagai kumpulan jaringan yang memiliki fungsi tertentu. Contoh organ dalam tubuh manusia seperti jantung, paru-paru, dan perut.

5. Tingkat Sistem Organ
Sistem organ diorganisir oleh beberapa organ yang saling berinteraksi dalam melakukan fungsi dalam tubuh. Misalnya, sistem peredaran darah manusia, yang terdiri dari jantung dan pembuluh darah, berfungsi untuk mengedarkan darah ke seluruh tubuh. Sistem organ adalah tingkat kehidupan organisasi yang kemudian membentuk individu tingkat tinggi.

6. Tingkat Individu
Pada tingkat individu, mekanisme kompleks terjadi karena koordinasi dan regulasi berbagai sistem organ. Tubuh manusia adalah contoh utama dari tingkat organisasi kehidupan seseorang.

7. Tingkat Kependudukan
Populasi adalah kumpulan individu yang berada pada waktu dan tempat yang sama. Di sekitar lingkungan kita ada berbagai populasi, seperti populasi kelapa, populasi burung merpati, populasi rumput, populasi cacing tanah, populasi manusia, dan sebagainya.

Tingkat Organisasi Kehidupan

8. Tingkat Komunitas
Komunitas adalah tingkat kehidupan organisasi yang terdiri dari kumpulan populasi yang pada waktu dan tempat yang sama. Contoh komunitas yang bisa kita jumpai setiap hari adalah komunitas parsraw, yang terdiri dari populasi alang alang, populasi rumput, populasi belalang, populasi cacing tanah, populasi kupu-kupu, dan sebagainya.

9. Tingkat Ekosistem
Di tingkat organisasi kehidupan, ekosistem dianggap sebagai interaksi yang terjadi antara populasi penyusun komunitas dan lingkungannya seperti sinar matahari, tanah, air, dan udara. Contoh ekosistem meliputi ekosistem lahan basah, ekosistem air tawar, ekosistem perairan laut, dan sebagainya.

10. Tingkat bioma
Bioma adalah satu set ekosistem yang mencakup area yang luas. Contoh beberapa biomassa besar yang ditemukan di planet kita adalah biomassa padang pasir, biomassa padang rumput, biomassa gugur, biomassa hutan hujan tropis, biomassa toma, dan biomassa tundra. Bioma umumnya memiliki iklim khas sehingga ada jenis organisme yang khas (tumbuhan dan hewan) yang bisa beradaptasi di lingkungan.

Dengan demikian eksposisi struktur tingkat hidup organisasi dari yang terendah sampai yang tertinggi lengkap dengan contoh. Semoga bisa bermanfaat.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar