DIALOG INTERAKTIF: Pengertian Dan Contoh Dialog Interaktif Di TV

Contoh Surat Bisnis, Surat Dinas, Surat Izin, Surat Kuasa, Surat Lamaran Kerja, Surat Pemberitahuan, Surat Penawaran, Surat Pengunduran Diri, Surat Peringatan, Surat Perjanjian, Surat Pernyataan, Surat Resmi, Surat Undangan

DIALOG INTERAKTIF: Pengertian Dan Contoh Dialog Interaktif Di TV

DIALOG INTERAKTIF: Pengertian Dan Contoh Dialog Interaktif Di TV - DIALOG INTERAKTIF adalah bahan smp kelas 9 yang akan kita pelajari saat ini. Dialog interaktif ini sangat sering ditemui di berbagai media massa, terutama tv. Nah dari berbagai acara tv, dialog interaktif lebih sering ditemui di berita pagi atau talk show seperti saluran Metro TV dan juga TV One yang sudah kita ketahui bahwa saluran ini sering mengadakan dialog interaktif.

Dialog interaktif di televisi biasanya terjadi bila ada topik yang hangat dan sering dibahas baik tentang pendidikan, keadaan ekonomi dan bidang lainnya. Biasanya acara tv akan mengundang beberapa ahli ahli yang sudah bisa diandalkan di lapangan untuk membahas masalah yang sedang sibuk didiskusikan.

DIALOG INTERAKTIF: Pengertian Dan Contoh Dialog Interaktif Di TV


Memahami Interaktif Dialog

Dialog adalah kegiatan berbicara atau percakapan yang diarahkan dengan tujuan dan tujuan tertentu oleh dua orang atau lebih. Jadi gagasan dialog interaktif adalah dialog antara pembicara di televisi atau radio dengan penonton atau pendengar tentang sesuatu yang sedang dibahas.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Mendengarkan Dialog Interaktif
Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan saat kita akan mendengarkan dialog interaktif yang terjadi di radio atau televisi. Beberapa hal ini adalah sebagai berikut.

  1. Tema Dialog, ini harus diperhatikan karena temanya adalah subjek masalah yang akan dibahas.
  2. Narasumber, kita harus tahu dengan jelas siapa pembicara dalam dialog interaktif.
  3. Opini Sumber Daya, ini juga harus diperhatikan karena dalam dialog interaktif kita juga harus tahu pendapat apa yang diungkapkan oleh para pembicara.
  4. Kesimpulan Dialog adalah esensi dari esensi atau hal penting yang ada atau terjadi dalam dialog interaktif.

Memberikan Komentar Dalam Dialog Interaktif

Setelah kita selesai mendengarkan dialog, yang harus kita lakukan hanyalah berkomentar. Memberi komentar dalam dialog interaktif ada beberapa hal yang harus diperhatikan, diantaranya sebagai berikut.

  1. Memberikan komentar yang objektif dan komentar yang tidak memihak kepada peserta atau pembicara.
  2. Komentar harus disertai fakta yang akurat dan meyakinkan.
  3. Komentar mengandung alasan logis.
  4. Hal-hal yang perlu dikomentari dalam dialog interaktif adalah sebagai berikut.
  5. Tema dialog, apakah penting atau tidak.
  6. Kemampuan dan penguasaan narasumber pada materi yang dimaksud.
  7. Relevan atau tidak pertanyaan peserta dialog bertema dialog.
  8. Benar atau tidak tanggapan atau jawaban dari pembicara atau pertanyaan peserta dialog.

Lalu bagaimana saya mengetahui isi dialog yang didiskusikan dalam dialog interaktif? Caranya adalah dengan memperhatikan pertanyaan yang diajukan oleh pewawancara atau jurnalis.

Contoh Dialog Interaktif
Berikut akan saya berikan contoh dialog interaktif singkat yang ada di televisi indonesia yaitu Metro TV pada acara Kick Andy.
Nama Acara       : Kick Andy.
Stasiun Tv          : Metro TV.
Waktu                 : Pukul 20.05 WIB, Jum’at 22 Juli 2017.
Pembawa Acara  : Andy Flores Noya.
Narasumber        : Dahlan Iskan.
Tema                   : Kesuksesan serta tindakan Dahlan Iskan sebagai Menteri yang kontroversial.
Pembahasan        : Tanpa melibatkan pemirsa.
Dialog                 :

Andy: selamat malam bapak menteri
Dahlan: Selamat malam.
Andy: Apa yang kamu pikirkan sehingga kamu tidak mau menerima fasilitas itu untukmu sebagai menteri?
Dahlan: Hidup kita pasti sederhana, karena kita tidak akan menjadi apapun. Sehingga jika kita tidak jadi apa-apa, kita tidak merasa tersesat. Pada akhirnya kita juga harus kehilangan yang paling mahal, yaitu hidup. Jika kita memiliki latihan tidak keberatan kehilangan apapun, pastinya kita tidak keberatan jika kita harus memanggil tuhan untuk kehilangan nyawa.
Andy: Siapa yang memberi kontribusi terbaik untuk Anda dalam mencapai kesuksesan Anda?
Dahlan: Pertama adalah orang tua saya, yang membesarkan saya. Yang kedua adalah saudara perempuan saya yang berada di Samarinda yang telah membayar untuk hidup saya dan saudara perempuan saya setelah orang tua saya meninggal.
Andy: Kenapa tanggal lahirmu tidak bisa dikonfirmasi?
Dahlan: Saat saya lahir, kakak saya menulis ulang tahun saya di balik pintu lemari. Suatu hari ibu saya menjadi sangat sakit dan tidur di rumah dukunnya selama 1 bulan. Ayah saya tidak bekerja untuk menemani ibu saya. Karena tidak ada penghasilan dari Anda, barang-barang di rumah dijual termasuk lemari yang bertuliskan tanggal lahir saya.
Andy: Bagaimana Anda melewati masa-masa sulit dalam kemiskinan?
Dahlan: Saya merasa tidak menderita karena kemiskinan. Saya menerima apa adanya, karena bagaimanapun situasinya, hidup harus dijalani.
Andy: Sejak kapan Anda mengabaikan fasilitas negara yang diberikan kepada Anda?
Dahlan: Sejak menjadi Presiden Direktur PLN. Banyak orang mengatakan bahwa PLN adalah sarang korupsi. Akhirnya saya memutuskan untuk tidak menerima gaji, mobil dinas, dan layanan rumah dari PLN.
Andy: Apa yang terjadi dengan hati Anda dan apakah ada pengaruh dari operasi hati pada aktivitas sehari-hari Anda?
Dahlan: Awalnya saya menderita Hepatitis B, maka saya terkena kanker hati dan saya diperkirakan hidup 6 bulan. Jadi saya menjalani operasi dan syukurlah sekarang saya tidak cepat bosan saat bekerja.
Andy: Apa yang mendasari Anda melakukan tindakan kontroversial seperti naik ojek, dan tidur di rumah petani di desa?
Dahlan: Saat mengendarai sepeda motor, saat macet banget jadi saya harus mengendarai sepeda motor untuk tepat waktu. Ketika saya tidur di rumah petani, saya ingin tahu mengapa orang miskin sekarang menderita begitu banyak. Saya juga ingin mencari cara untuk mengatasi kemiskinan sedikit demi sedikit.
Andy: Jika Anda dinominasikan sebagai presiden atau wakil presiden, maukah Anda menerimanya?
Dahlan: Saya tidak ingin menjadi presiden atau wakil presiden saya ingin terus bekerja sebagai Menteri BUMN sebanyak yang saya bisa.
Andy: Dari mana kamu mendapatkan pendidikan formalmu?
Dahlan: Saya menerima pendidikan formal saya yaitu SD, SMP dan SMA di kampung halaman saya. Kemudian saya bergabung dengan kakak saya ke Samarinda untuk belajar di IAIN. Karena orang yang ingin belajar di Samarinda masih sedikit, saya dengan mudah menemukan kuliah di sana.

Kesimpulan Dialog
Masalah tindakan Dahlan Iskan sebagai Menteri BUMN yang kontroversial saat ini sedang menjadi bahan pembicaraan di TV. Esensi dialog dialog interaktif adalah bagaimana seorang anak yang dulunya tidak memiliki sepatu dan hanya ingin memiliki sepeda dan sepatunya bisa menjadi pejabat negara yang dikagumi oleh masyarakat.

Dalam sebuah dialog TV bertanggal 22 Juli 2017, dibahas bagaimana Dahlan Iskan mengalami masa sulit dalam kemiskinan dan jalan karirnya menuju kesuksesan seperti sekarang. Informan menyatakan bahwa kemiskinan tidak menderita dan harus dijalani. Beberapa pendapat yang sejalan adalah pendapat Krishna Pabhicara yang pendapat utamanya adalah kemiskinan bukanlah halangan untuk meraih kesuksesan.

0 komentar: