Senin, 23 Mei 2016

4 Kelemahan siswa pada soal cerita matematika

-->
Terdapat beberapa kelemahan siswa terhadap saat menyelesaikan soal cerita dalam matematika, diantaranya yaitu :.
1.   Kesalahan pada langkah pemahaman soal, yaitu ketidakmampuan siswa  menuliskan secara lengkap atau salah dalam menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan dalam soal. Misalnya siswa tidak mengubah kalimat pada soal menjadi kalimat matematika.
2. Kesalahan pada langkah perencanaan strategi adalah ketidakmampuan siswa menentukan model matematika yang berhubungan dengan masalah yang diajukan, menyusun langkah - langkah perencanaan agar soal dapat diselesaikan secara sistematis. Misalnya siswa tidak menuliskan model matematika yang sesuai sehingga membentuk persamaan linear dua variabel, strategi yang dijalankan kurang relevan.
3.   Kesalahan pada langkah pelaksanaan rencana, yaitu ketidakmampuan siswa melaksanakan proses perhitungan sesuai dengan rencana yang telah disusunnya dilengkapi dengan segala macam data dan informasi yang diperlukan, salah atau tidak menyelesaikan model matematika yang dibuat.

4.   Kesalahan pada langkah pengecekan kembali yaitu siswa tidak berusaha mengecek ulang dan menelaah kembali dengan teliti setiap langkah yang dilakukan dan hasil jawaban yang diperoleh. Misalnya siswa tidak terbiasa memeriksa kembali jawabannya, mereka merasa yakin dengan jawabannya, dan merasa waktu yang tersedia tidak cukup untuk memeriksa kembali hasil jawabannya, ataupun dalam melakukan pengecekan kurang teliti dan cermat sehingga masih menghasilkan jawaban yang salah.
4 Kelemahan siswa pada soal cerita matematika