--> Skip to main content

Cara Mimilih Ikan Laut yang Masih Segar

Penting bagi kita apabila akan mengolah ikan laut untuk memilih yang masih segar. Kesegaran ikan laut akan mempengaruhi penampilan masakan yang kita olah dan bahkan bisa jadi mempengaruhi terhadap rasa masakan hasil olahan kita.


Untuk memaksimal hasil olahan masakan ikan laut kita, kita harus jeli dalam memilih ikan laut yang nanti akan kita olah. ikan laut yang masih segar akan membuat masakan kita jadi maksimal. tidak ada salahnya saat di pasar atau swalayan kita mengecek dan memilih ikan laut yang masih segar. terdapat ciri-ciri ikan laut yang masih segar yaitu

Kondisi Mata

Ciri yang pertama yaitu pada mata. ikan laut yang masih segar biasanya mata jernih dan cerah. ciri yang lainnya yaitu melotot dan cembung. apabila ikan laut yang sudah lama biasanya memiliki yang yang cekung atau mempunyai selaput yang tebal.

Bau pada Ikan

Ikan yang masih segar biasanya beraroma laut atau berbau asin. ikan yang sudah lama biasanya memiliki bau yang tidak sedap.

Tekstur Kulit Ikan

ciri selanjutnya yaitu pada kulit dan tekstur ikan. ikan yang segar mempunyai kulit yang segar dan kemilau. apabila kita menekan ikan tersebut dengan jari terasa lembek dan tidak dapat kembali seperti semula, kemungkinan ikan tersebut sudah lama atau bahkan tidak layak makan.

Warna Insang

Ikan laut yang masih segar, mempunyai insang berwarna merah, dan apabila sudah lama biasanya berwarna coklat.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar